Telaah Konseptual Pendidikan Barat dan Islam
Keywords:
Ontologi,, Epistemologi, Aksiologi, Pendidikan, Islam, BaratAbstract
Tulisan ini bertujuan ingin mendeskripsikan perbedaan konseptual Pendidikan Barat (Umum) dan Pendidikan Islam. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perbedaan paradigma pendidikan Barat dan Islam tidak hanya terbatas pada ranah ontologis dan epistemologisnya, tetapi juga pada ranah aksiologis. Pada ranah ontologis, perbedaan pendidikan terlihat terutama pada ruang lingkup dan hakikat pendidikan itu sendiri. Pada ranah epistemologis, perbedaan keduanya terletak pada sumber pengetahuan yang dicari serta cara dan strategi untuk menggali sumber pengetahuan itu. Ranah konseptual ontologis hingga proses pendidikan (epistemologis) yang berbeda akan berpengaruh secara langsung pada tataran aksiologinya. Secara aksiologis, Pendidikan Barat tidak menjadikan nilai-nilai sebagai bagian dari hasil pendidikan, sementara Islam basis nilai manjadi sebuah keniscayaan dan bagian yang tak terpisahkan dari hasil pendidikan itu sendiri.
References
Al-Attas, Muhammad al-Naquib. 1998. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
an-Nahlawi, Abdurrahman, 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung; Diponegoro.
Fathoni, Muhammad Kholid, 2005. Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional (Paradigma Baru). Jakarta; DEPAG RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Mansur. Dkk., 2005. Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta; DEPAG RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Mudzhar, Atho, H.M, 1998. Pendekatan Studi Islam, Dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Muhaimin, 2010. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga rededifisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa.
Muliawan, Jasa Ungguh, 2005. Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Murtadha Muthahhari, 1993. Tema- Tema Penting Filsafat Islam, Terj. A. Rifa’i Hasan dan Yuliani L. Bandung: Mizan.
Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.
Tobroni, 2008. Pendidikan Islam, Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang; UPT Penerbitan Universitas Muhamadiyah.
Ulum, M. Samsul, dkk., 2006. Tarbiyah Qur’aniyyah. Malang: UIN-Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.