IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KRITIS SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN FIQH DI MADRSAH

Authors

  • Heni Herawati, Syaikhu Rozi Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Contextual

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif desain Studi Kasus untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan sikap kritis siswa pada pembelajaran Fiqh. Pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan pola analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang saling terkait, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan dan kredibilitas data, dilakukan triangulasi metode, yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara serta membandingkan data hasil wawancara dengan data hasil dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual dilakukan guru dengan 5 cara, yaitu: 1) pembelajaran berbasis masalah, 2) menggunakan konteks yang beragam, 3) mempertimbangkan kebhinekaan siswa, 4) memberdayakan siswa belajar sendiri, dan 5) belajar bekerja sama dengan teman. Kelima metode pembelajaran kontekstual tersebut diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran. Namun dari kelima cara tersebut, hanya cara ke-empat yang terbukti dapat meningkatkan sikap kritis siswa yang ditunjukkan dengan beberapa perilaku, seperti menunjukkan rasa ingin tahu yang cukup besar dengan melontarkan banyak pertanyaan dan pendapat pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa berpikir terbuka dengan menemukan permasalahan baru yang tidak terdapat dalam buku, berani bertanya dan bertukar pendapat dengan temannya, serta saling berbagi pengalaman.

.

 

Keywords : Contextual and Learning Strategy, Fiqh Lesson, Critical Attitude

References

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penulisan Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Arsa, I P. S., (2015). Belajar dan Pembelajaran : Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta : Media Akademi

Aziz, H. A., (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta : Al-Mawardi Prima

Bono, E. de., (2007). Revolusi Berpikir. terj. Ida Sitompul dan Fahmy Yamani. Bandung : PT Mizan Pustaka

Formiatno, L., (2010). Belajar Mendengarkan : Menjadi Guru dan Orang Tua Sejati. Yogyakarta : Pustaka Anggrek

Johnson, E. B., (2007). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center

Kompri, (2016). Manajemen Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

MARDLIYAH, Asih Andriyati; ROZI, Syaikhu. Karakter Anak Muslim Moderat; Deskripsi, Ciri-Ciri dan Pengembangannya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 231 - 246, aug. 2019. ISSN 2614-0527.

Moleong, L. J., (2005). Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Neolaka, A., (2019). Isu-isu Kritis Pendidikan : Utama dan Tetao Penting Namun Terabaikan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP

Prastowo, A., (2016). Metode Penulisan Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penulisan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Rohmad, M. A., Arif E., (2019). Interaksi Pedagogik Di Sekolah dan Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal Seminar Nasional Penulisan dan Pengabdian Masyarakat LP4MP Universitas Islam Majapahit
Rozi, S. (2019). Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 26 - 43. doi:10.36815/tarbiya.v8i1.343

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana PRENADAMEDIA GROUP

Widiasworo, Erwin. 2017. Study Smart. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Yaqin, A., (2019). Developing Moral Reasoning Theory Based on Islamic Education Perspective. Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research, vol. 387, pp. 55-61.

Published

2020-03-13