Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Sentra Main Peran

Authors

  • Rosyida Nurhayati dan Muhammad Nizar

Keywords:

Sentra Main Peran, Kecerdasan Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan  penerapan model pembelajaran sentra main peran dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di Kelompok Bermain Unggulan Terpadu Al Kautsar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pembahasan sikap yang dilakukan siswa KB UT Al Kautsar dalam pelaksanaan sentra main peran menunjukan sikap sosial emosional yaitu menghargai teman dengan berbagi peran dan berbagi mainan. Selain itu. Siswa melakukan permainan dengan antusias yang tinggi sehingga menghasilkan kerjasama dan kemandirian yang baik. Tanpa disadari, mereka memperhatikan emosi orang lain dan mengendalikan emosi diri sehingga mereka dapat menunjukan ekspresi tertantu dalam meresponnya. Selain itu, terjadi interaksi antar siswa. Siswa yang mulanya pendiam menjadi berani dan percaya diri. Terakhir verifikasi dan kesimpulan yaitu peneliti mengecek ulang kebenaran yang ada kemudian menyimpulkan data. Dari data yang diperoleh maka kecerdasan sosial emosional siswa meningkat berkategori baik

References

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Angka 14
Aziez, Khoirul Izzah & Aslihah.2014. Workshop Pembelajaran Model Sentra.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Perkembangan Anak Edisi Ke enam, Erlangga, Jakarta.
Mulyasa, H. E.Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rini, Hildayani. 2011. Psikologi Perkembangan Anak, Universitas Terbuka, Jakarta.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D, Bandung:Alfabeta.
Widarmi D Wijana, dkk, 2011. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Jakarta.

Downloads

Published

2018-02-24

Issue

Section

Articles