EDUKASI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM PEMBUATAN PRODUK DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING "NUGGET LELE"

Pelatihan Edukasi Entrepreneurship

Authors

  • Guruh Ghifar Zalzalah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anindita Imam Basri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Istiana Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

kewirausahaan, pelatihan, pengolahan, pemasaran digital

Abstract

Kegiatan pelatihan ini diadakan di Dusun Sentolo Lor, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Terdapat berbagai macam potensi yang ada di Dusun tersebut tetapi pemuda dan pemudi serta masyarakat masih belum sepenuhnya mampu mengelola potensi tersebut. Pengembangan potensi Dusun menjadi salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh pemuda dan pemudi serta masyarakat sekitar. Mayoritas pemuda dan pemudi memiliki minat yang tinggi terhadap kewirausahaan tinggal meningkatkan saja. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kewirausahaan berawal dari pengolahan hasil potensi Dusun, pengemasan sampai pemasaran yang lebih modern dengan cara digital marketing. Solusi yang diberikan adalah dengan mengadakan pelatihan pengolahan ikan lele menjadi nugget lele. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan diskusi. Kegiatan yang dilakukan sudah tepat sasaran terbukti dengan adanya peningkatkan yang signifikan berdasarkan observasi dan wawancara sebanyak dua kali, sebelum pelatihan dan setelah pelatihan.

References

Aditya, R. (2015). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan (studi pada karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 27(2).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang, 4, 132997.

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., ... & Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Suryana, Y., & Bayu, K. (2012). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed. 2. Kencana.

Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan. Materi Pelatihan Kewirausahaan bagi kelompok UPPKS.

Minantyo, H. (2011). Dasar-dasar Pengolahan Makanan (Food Product Fundamental).

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43.

Downloads

Published

2021-07-29