Implementasi Pembuatan Briket Arang dari Limbah Sekam Padi di Desa Bluluk Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan

Authors

  • Andhika Cahyono Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Rifad Fadhil Ahsin 3Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Rochmad Ainul Yaqin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Charcoal Briquettes, Husk Waste, Bluluk

Abstract

Desa Bluluk memiliki potensi yang menarik untuk pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa ini mempunyai pertanian yang produktif karena memiliki lahan pertanian yang subur, mendukung pertumbuhan jenis tanaman padi dan jagung. Pada saat panen padi maka desa bluluk juga menghasilkan limbah sekam yang dapat dimanfaatkan untuk briket arang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini ada 5 tahapan, pertama observasi, kedua pembuatan produk, ketiga evalulasi produk, keempat implementasi, kelima proses pemasaran. Hasil implementasi pembuatan briket arang berhasil di lakukan pada Sekolah SMK Baitussalam Dusun Suren Desa Bluluk, yang siswa-siswinya sebagian besar adalah Karang Taruna Desa Bluluk. Briket yang dibuat menghasilkan kualitas yang baik, dapat digunakan jangka waktu 3 - 4 jam. Dengan program ini, maka penduduk desa Bluluk dapat memanfaatkan limbah tersebut untuk menjadi kegiatan yang dapat menambahan penghasilan.

References

Andriani, G. A., Marina, I., & Sumantri, K. (2022). FARMER ’ S RESPONSE TO THE UTILIZATION OF RICE HUSK WASTE INTO BRIQUETTES IN KARANGSAMBUNG VILLAGE OF MAJALENGKA REGENCY DUCHY DISTRICT. Journal of Sustainable Agribusiness, 01(01), 8–13.

Badan Litbang Pertanian. (2011). Briket Arang Limbah Sekam Padi - Sumber Energi Alternatif.

Bhakti, C. P., Ghafur, A. L., Setiawan, R. A., & Widodo, A. (2019). Pelatihan dan pemanfaatan sekam padi menjadi briket bioarang di Desa Kemranggon , Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 117–122.

Fitriana, W., & Febrina, W. (2021). ANALYSIS OF POTENCY OF BIOCHARCOAL BRIQUETTES AS A RENEWABLE ENERGY SOURCE. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 10(2), 147–154.

Putra, A. C., & Muslimin, M. (2018). THE IMPLEMENTATION OF APPROPRIATE TECHNOLOGY GRANULATOR AND SCREW MACHINES TO IMPROVE THE QUALITY OF FERTILIZER PRODUCTION * GRANULATOR DAN SCREW UNTUK MENINGKATKAN. JURNAL SINERGITAS PKM & CSR, 3(1), 23–25.

Putra, A. C., Muslimin, M., & Estiasih, S. P. (2021). Peningkatan penjualan produk keripik bonggol pisang menggunakan redesain kemasan dan pembukuan sederhana di desa pagarluyung kabupaten mojokerto. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 242–245.

Rianawati, F., & Naparin, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Briket Arang dari Sekam dan Jerami Padi. Jurnal Pengabdian ILUNG, 2(3), 497–506.

Downloads

Published

2024-01-17