Pemberdayaan Masyarakat Kampung Nelayan Pesisir Timur Kalisari Surabaya dengan Alternatif Pengolahan Hasil Tangkapan

Authors

  • Winda Amalia Herdianti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dian Prasetyawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sri Amaliah Mandati Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

dimsum, fisherman, kalisari, nugget, shrimp

Abstract

Masyarakat Kampung Nelayan Pesisir Timur Kalisari  Surabaya mayoritas memilih mata pencaharian sebagai nelayan karena lokasi perkampungan tempat mereka tinggal yang merupakan wilayah yang berdekatan pesisir pantai timur Surabaya. Nelayan-nelayan di wilayah ini setiap hari melaut dengan hasil tangkapan udang sebanyak 5-20 kg per hari. Pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini penjualan udang hasil tangkapan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sebagai akibatnya udang yang tidak laku dijual harus disimpan kembali di rumah. Hal ini kemudian akan menjadi masalah ketika tidak semua penjual udang memiliki alat pendingin atau tempat penyimpanan dengan suhu tertentu yang sesuai untuk tempat mengawetkan udang. Karena itu perlu dipikirkan alternatif lain untuk mengolah udang segar menjadi produk lain yang layak jual dan diharapkan memberikan keuntungan yang lebih baik bagi masyarakat nelayan. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah mengolah udang dengan berbagai ukuran yang ada menjadi sebuah produk makanan olahan, diantaranya adalah produk dimsum dan nuget udang. Alternatif ini dipilih dengan pertimbangan bahan yang mudah didapat, tidak memerlukan peralatan yang rumit dan mudah dipelajari oleh ibu-ibu para pedagang udang yang menjual hasil tangkapan para suami yang nelayan.     

Kata Kunci: dimsum,kalisari,nelayan,nuget,udang

References

Astuti, E. M. (2005). Dimensi unit penangkapan pukat udang dan tingkat pemanfaatan sumberdaya udang di perairan Laut Arafura. Skripsi. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Bogor.

Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur (2019). Profil Potensi Usaha dan Peluang Investasi.

Miftakhul. H, Purnamadewi. Y, Firdaus. M, (2014). Strategi pengembangan perikanan dalam pembangunan ekonomi wilayah di jawa timur. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan

Rosana, N. (2004). Analisis potensi dan tingkat pemanfaatan sumberdaya perikanan di selatan Jawa Timur. Neptunus; Majalah Ilmiah Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya

Sulestiani.,A & Astral.,M, (2016). Pengelolaan Potensi Perikanan di Pantai Pesisir Pantai Timur Surabaya (Studi Kasus di Kecamatan Sukolilo, Mulyorejo, Kenjeran, dan Bulak), Agrotrip Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian.

Sembiring.N, Wahyuni. D, dkk (2021). Pembuatan Bahan Olahan Berbahan Baku Udang Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. LWSA Conference Series 04 (2021) TALENTA Publisher Universitas Sumatera Utara.

Zulfikar, Rully. (2016) Cara Penanganan yang Baik Pengolahan Produk Hasil Perikanan Berupa Udang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 5 (2) 2016 .

Downloads

Published

2024-01-23