Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes Bagi Pengelola Bumdes di Desa Jabontegal Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto

Main Article Content

Tatas Ridho Nugroho Muhammad Bahril Ilmiddaviq Nisa'ul Adibah

Abstract

Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimaksudkan tidak hanya menjadi motor penggerak roda perekonomian desa tetapi juga agar sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) dapat meningkat sehingga tercapainya desa mandiri. Sebagai lembaga usaha Desa BUMDes wajib untuk membuat laporan keuangan seluruh unit-unit usaha BUMDes setiap bulan dengan jujur dan transparan. BUMDes juga wajib memberikan laporan perkembangan unit-unit usaha BUMDes kepada masyarakat desa melalui musyawarah desa sekurang-kurangnya dua kali dalam satu tahun. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan bagi para peserta mengenai pentingnya pengelolaan manajemen keuangan BUMDes serta meningkatkan kemampuan para peserta dalam melakukan penyusunan laporan keuangan BUMDes. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, permasalahan pokok yang dihadapi oleh mitra adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah, kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai penyusunan laporan keuangan dalam mengelola BUMDes. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap, meliputi tahap perencanaan, pelatihan dan penadampingan penyusunan laporan keuangan BUMDes, serta pemberian materi laporan keuangan BUMDes yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan - Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik (SAK-ETAP).

Article Details

How to Cite
NUGROHO, Tatas Ridho; ILMIDDAVIQ, Muhammad Bahril; ADIBAH, Nisa'ul. Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes Bagi Pengelola Bumdes di Desa Jabontegal Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 210-221, july 2020. Available at: <http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/743>. Date accessed: 05 aug. 2020.
Section
Articles