Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Di Desa Mojokusumo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Hari Setiono
Bahril Ilmiddaviq

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan tentang  manajemen keuangan kepada  para pelaku UMKM di Desa Banjartanggul kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto.  Capaian   khusus yang diharapkan yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada UMKM dalam pengembangan usaha melalui pelatihan dan bimbingan dalam meningkatkan  manajemen  keuangan.  Adapun prospek  pengembangan UMKM dikaji berdasarkan pada analisa keuangan. Rencana kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM, penyiapan peralatan pelatihan yang menunjang keberhasilan PKM, melakukan bimbingan terhadap pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan, melakukan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik melalui workshop maupun kegiatan-kegiatan lain, serta monitoring dan evaluasi kegiatan untuk menunjang keberhasilan dan keberlanjutan usaha.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

References

Abdulloh Mubarok, M. Faqihudin,.Pengelolaan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah. http://keuanganlsm.com/pengelolaan-keuangan-bagi-ukm/
Admin Keu LSM. Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM. http://keuanganlsm.com/pengelolaan-keuangan-bagi-ukm/ Diakses pada 25 Februari 2017.
Baskoro, F.M. 2014. Lima Tips Cerdas Mengelola Keuangan UMKM. http://www.beritasatu.com/ekonomi/173156-lima-tips-cerdasmengelola-keuangan- umkm.html. Diakses pada 25 Februari 2017.
Sagoro, E.M. 2012. Akuntansi Tanpa Stres. Yogyakarta: AB Publiser.
Warsono, S. 2009. Akuntansi ternyata Logis dan Mudah. Yogyakarta: Asgard Chapter.