Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA

Authors

  • Amelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

analisis kemampuan literasi matematis;, kemampuan literasi matematis, PISA

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan soal PISA. 21 siswa kelas X di sebuah SMA di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjadi subjek penelitian. Tes kemampuan literasi matematis berupa soal PISA yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia diaplikasikan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan soal PISA berada dalam kategori rendah. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ketidakmampuan siswa dalam menginterpretasikan masalah sebesar 38,09%, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan matematika ke dalam masalah sebesar 71,42%, dan ketidakmampuan siswa dalam memformulasikan masalah sebesar 71,42%.

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Arikunto. Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2018). The Development of Mathematics Student Worksheet For School Literacy Movement. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012033

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2019). Developing Mathematics Worksheet Using Futsal Context For School Literacy Movement. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7307.203-214

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. M A T H L I N E?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 3(2), 141-150. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92

Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 29-41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47

Jurnaidi, J., & Zulkardi, Z. (2014). Pengembangan Soal Model PISA Pada Konten Change And Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 37-57. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1860.25-42

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship. Kadikma. 9(3), 76-84.

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. AKSIOMA. 8(2), 76-84. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam. 8(1), 202-217.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Putra, Y. A., Susanto, & Suharto. (2019). Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar. Kadikma. 10(1), 126-135.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science . 2(1), 58-67.

Downloads

Published

2021-09-29