Efektivitas Murottal Al-Qur'an dalam Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Soal Matematika Siswa Kelas XI

Authors

  • Ririn Maratus Solekha UIN Raden Intan Lampung
  • Romlah Romlah UIN Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1771

Keywords:

Murottal Al-Qur’an, Kecemasan Matematika, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas murottal al-Qur’an dalam menurunkan tingkat kecemasan mengerjakan soal matematika. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecemasan mengerjakan soal matematika yang dialami oleh siswa kelas XI MA Mathlaul Anwar Pematang. Kecemasan dalam mengerjakan soal matematika merupakan hal yang kerap dialami oleh siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA Mathlaul Anwar Pematang dengan sampel kelas Ekperimen dan kelas Kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kecemasan dan tes matematika. sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi diperoleh dan karena maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa murottal al-Qur’an efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan mengerjakan soal matematika pada siswa.

References

Aini, N. (2018). Pengaruh Terapi Audio Murotal Al Quran Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya

Anggriani, M. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Multipel Representasi (Simayang) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Efikasi Diri Peserta Didik. Skripsi UIN Raden Intan Lampung

Apriyani, Y. (2015). Pengaruh Terapi Murottal terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Skripsi. Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung pura Pontianak.

Auliya, R.N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif , 6(1): 12-22.

Idham, A. F. (2016). Efektivitas Mendengarkan Murottal Al-Quran Dalam Menurunkan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa. Ringkasan Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Jeffrey S. Nevid, Spenser A. Rathus, Beverly Greene. (2005). Psikologi Abnormal /Edisi Kelima/Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga

Julianto, V. (2014). Pengaruh Mendengarkan Murrotal Al Quran Terhadap Kemampuan Konsentrasi. Jurnal Ilmiah Psikology. (1)2, 113-121.

Kusumo, G.A.T. (2019) pengaruh mendengarkan murottal terhadap penurunan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian OSCE. Skripsi. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta.

Lolombula, J H. (2017) Statistika bagi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Pengelola Web Kemendikbud. “statistik 2018/2019”. (On-Line). Tersedia di : ttps://unbk.kemendikbud.go.id.

Saputra, P.R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya. Jurnal Pythagoras 3(2), 75-84.

Sugiharti, S.D. Supriadi, N. & Andriani, S. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Aksioma, 8 (2).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, (2016). Tafsir Al Quran. Jakarta: Darul Haq.

Yaqub, F. (2016). Meminimalisir Perilaku Hiperaktif Impulsif Anak Autis Melalui Intervensi Program Audio Murottal. Tesis Magister UNESA.

Downloads

Published

2022-03-30