Validitas Bahan Ajar Berupa Handout Berbasis Santifik Pada Siswa KelasVII SMP Pertiwi 2 Padang

Authors

  • Teni Suriani Universitas Ekasakti
  • Arcenius Saruruk Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v5i2.2096

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Validitas, Handout

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang yang valid. Handout tersebut sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dengan scientific approach (5M) yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Handout ini dapat membantu siswa dalam memahami materi aritmatika sosial dengan menerapkan 5M dalam pembelajaran. Kualitas produk  berupa handout yang dikembangkan dilengkapi dengan kuis dan beberapa soal latihan. Handout ini dapat meningkatkan pemahaman belajar matematika siswa dan dirancang dengan menggunakan kurikulum 2013. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tetapi karena keterbatasan peneliti, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang dengan jumlah siswa 18 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah penilaian Handout untuk mengukur kevalidan. Validasi bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik divalidasi oleh dua validator ahli dalam bidang pendidikan matematika dan satu validator ahli dalam bidang bahasa. Berdasarkan hasil validasi  secara keseluruhan menunjukkan Handout berbasis saintifik sudah valid dengan pencapaian persentase 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik pada materi Aritmatika Sosial sudah valid dan layak digunakan untuk tahap berikutnya.

Kata Kunci: Validitas; Handout berbasis Saintifik

References

Abdullah Sani, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdikbud. (2013). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kawiyah, Siti. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 10 (2): 201 – 210. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9163.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Pribadi, Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Ridwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sardiman A. M, (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sari, Arnida., Revita, Rena., & Suhandri. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5 (2) : 135-144 http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.11309.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulistiana., Rinaldi, Achi., & Fadila, Abi. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1) : 1-11. https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.834

Downloads

Published

2022-10-02