Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar

Authors

  • Taufiq Taufiq Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Keefektifan, Realistik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan menggunakan satu kelas sebagai kelas uji coba yaitu kelas VII5 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Makassar dengan mengacu pada 3 kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan secara klasikal, aktifitas siswa berada pada rentang waktu ideal, dan diatas 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika realistik. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada akhir pokok bahasan, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan angket respons siswa untuk mengetahui tanggapan dan saran siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika realistik. Hasil uji coba menunjukaan bahwa : (1) skor rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 45,85 dan berada pada kategori rendah dengan standar deviasi 19,43 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 10,00 dan skor tertinggi adalah 85,00 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 9 siswa atau 26,47% mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tidak tercapai. Hal ini disebabkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual masih kurang, kemampuan guru masih kurang, pembelajaran matematika realistik merupakan hal baru dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 18 Makassar.(2) semua kategori aktivitas siswa berada pada rentang waktu ideal. (3) angket respons siswa menunjukkan 85,03% siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil uji coba maka pembelajaran matematika realistik tidak efektif diterapkan pada siswa kelas VII5 SMP Negeri 18 Makassar.

References

Agungprudent. 2009. Efektivitas Pembelajaran (Online). Diakses 8 Februari 2018

Diyah. 2007. Kefektivan Pembelajaran Matematika Realistik pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Hadi, Sutarto. 2008. PMRI, Benih Pembelajaran Matematika yang Bermutu. Diakses 10 Februari 2018
Hadi, Sutarto. 2008. PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika lebih Bermakna bagi Siswa. Diakses 10 Februari 2018

Rusdi, Andi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Materi Statistika di kelas IX. Diakses pada tanggal 10 Februari 2018.

Yuwono, Ipung. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2018-09-30