Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Software Wingeom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Authors

  • Samuel Setyo Nugroho Putro Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • M Soenarto Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Ayu Faradillah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Keywords:

Model Discovery Learning, Software Wingeom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Peserta Didik

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu software wingeom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan Intact-Group Comparison design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Desa Putera Jakarta pada kelas VIII semester genap pada tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive diperoleh 80 peserta didik terdiri dari 40 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 40 peserta didik untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang terdiri dari 8 soal kemudian diuji validitas dan reliabilitas. Data hasil penelitian telah diuji normalitas, homogenitas didapat data yang berdistribusi normal dan kedua kelompok homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dihasilkan sebesar 6,345 dengan effect size sebesar 1,426 termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menyimpulkan rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga terdapat pengaruh model discovery learning berbantu software wingeom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Software Wingeom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik.

References

Ali Gunay, Balim. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Succes and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, hlm. 2
Sani, Ridwan Abduh. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutirman. 2013. Media dan Model–Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tianingrum, Risna dan Hanifah Nurus Sopiany. 2017. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA).
Trung Tran, Ngoc-Giang Nguyen,dkk. 2014. Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software. Vietnam. Teaching and Education Research. Vol 7, hlm. 45
Zulkarnain, Iskandar. 2014. Model Penemuan Terbimbing Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2.

Downloads

Published

2019-03-30