Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Beajar Matematika Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v7i1.2867Keywords:
problem based learning, keaktifan belajar matematikaAbstract
Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini bertujuan memberikan peningkatan keaktifan belajar dari peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini, berjumlah 16 orang siswa terbagi atas 9 siswa laki-laki serta7 siswa perempuan. Instrumen peneltian ini berupa lembar observasi guru, lembar keaktifan dan LKPD sebagai media yang digunakan dalam mengukur keaktifan siswa pada pembelajaran. Resultan penelitian ini diperoleh terdapatnya eskalasi keaktifan siswa sebesar 22% dari tahap siklus1 yaitu 50% ke siklus2 yaitu 72%, setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model PBL. Hasil yang diperoleh pada sisklus I sebagian besar keaktifan siswa masih ada dalam klasifikasi sangat rendah. Sementara, pada sisklus II keaktifan siswa ada dalam klasifikasi sedang serta tinggi yang persentasenya dengan besaran yakni 72%. Hal tersebut memperlihatkan bahwasanya penggunaan model PBL bisa memberikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Perubahan yang dilaksanakan peserta didik ialah peserta didik antusias pada konteks menjalani pembelajaran, berinteraksi dengan guru, ikut serta dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas.
References
Arends. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: McGraw Hill Companies.
Arends. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: McGraw Hill Companies.
Karwati, E & Donni, J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Natsir, I & Taufik, A.R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. JUPITEK (Jurnal Pendidikan Matematika),3(1), 33-38.
Jayahartwan, M., & Sudirman, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 102. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334
Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Smpn 1 Mayang Kelas Ix. ScienceEdu, II(1), 80. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11797
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trinandita. (1984). Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wanabuliandari, S. (2016). Peningkatan Disposisi Matematis dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) berbasis Multimedia. Refleksi Edukatika, 6(2), 138-144
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.