Pembelajaran Statistika dengan Model Arias pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Herfa M D Soewardini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Meilantifa Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Helmy Maulana Priambodo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Keywords:

ARIAS, Aktivitas, Statistika

Abstract

Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) berperan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Statistika.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ketuntasan hasil belajar siswa (2) Aktivitas guru mengelola pembelajaran (3) Aktivitas siswa selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan “One Shot Case Studyâ€. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI-IPS-3 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi untuk memperoleh data pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa serta metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa melebihi nilai KKM yaitu ≥ 73, aktivitas guru dalam mengelola kelas dapat dikategorikan sangat baik, aktivitas siswa yang aktif lebih besar daripada aktivitas siswa yang pasif.

References

Ahmadi, Iif, K & Amri, S. 2014. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chatib, Munif. 2012. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewah dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://www.kajianpendidikan.com/2014/02/pengertian-pembelajaran-matematika.html.

https://www.psychologymania.com/2012/12/karakteristik-pembelajaran-matematika.html.

https://www.researchgate.net/publication/321835753_Efektivitas_Model_Pembelajaran_ARIAS_Assurance_Relevance_Interest_Assessment_Satisfaction_dalam_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Matematika_Siswa_SMP_Muhammadiyah_58_Medan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang Standar Isi diakses 10 Oktober 2013.

Rahman, M. & Amri, S. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Integratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rinerka Cipta.

Slavin, Robert. E. 1997. Educational Psycology America: Alyn & Bacon.
Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Soyomukti, N. 2008. Pendidikan Berspektif Globalisasi. Jogjakarta. AR-Ruzz Media.

Suwitaningrum, T. 2012. Skripsi Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VII-B MTs Darut Tauhid Pada Pokok Bahasan Segi Empat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ARIAS. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Tilawa, Ikhtiar Sari. 2013. Skripsi Penerapan Strategi Belajar Assurance, Relevance, Interest, Assesment Dan Satisfaction (Arias) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Standart Kompetensi Membuat Rekaman Audio Di Studio di SMK Negeri 3 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2018-09-30