Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Mira Siti Hajar IKIP Siliwangi
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence, Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat adakah  pengaruh positif self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Subjek penelitian yang diambil 30  siswa kelas  IX di salah satu SMP swasta di Kota Cimahi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini meggunakan  tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self confidence. Tes kemampuan berpikir kritis matematis terdiri dari 4 butir soal yang diadopsi dari Yulia (2015) dan angket self confidence  terdiri dari 41 skala pernyataan yang diadopsi dari Sumarmo (2015) dengan indikator : a) percaya kepada kemampuan sendiri, tidak cemas, merasa bebas, dan bertanggung jawab atas perbuatannya. b) bertindak mandiri dalam mengambil keputusan. c) Memilih konsep diri yang positif, hangat dan sopan, dapat menerima dan menghargai orang lain. d) memiliki konsep diri yang positif, hangat dan sopan dapat menerima dan menghargai orang lain. e) berani mengungkapkan pendapat dan memiliki dorongan untuk berprestasi. f) saya mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  self confidence siswa tidak  memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan analisis lanjut penyebab self confidence yang kurang pada siswa dalam penelitian ini yaitu tidak ada motivasi siswa ketika menyelesaikan soal matematika. Jika siswa tidak memiliki motivasi dalam menyelesaikan soal matematika maka siswa itu tidak akan berani mengungkapkan pendapat dan memiliki dorongan untuk berprestasi (indikator self confidence). Yang dapat mempengaruhi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis  yaitu kemauan dalam belajar dan menyelesaikan soal matematika, motivasi belajar dan self efficacy merupakan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 435-444.

Hendriana,H.(2012).Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan DiriSsiswa. Infinity Journal, 1(1), 90 103. Hendriana.H,dkk.(2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33-42.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2).

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25.

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2015). Pengembangan Dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya Dan Aspek Afektif Lain Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah dimuat dalam utarisumarmo@ dosen. stkipsiliwangi. ac, id.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.

Downloads

Published

2019-02-09