Optimasi Waktu dan Biaya Pembangunan Box Underpass Proyek Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh dengan Menggunakan Metode PERT dan EVM

Authors

  • Muhammad Iqbal Fahri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dedy Juliandri Panjaitan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v7i1.3166

Keywords:

Optimasi waktu dan biaya, PERT, EVM

Abstract

Peningkatan efisiensi dalam proyek konstruksi infrastruktur jalan tol adalah suatu keharusan dalam upaya meminimalkan biaya dan mempercepat waktu penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan waktu dan biaya pembangunan Box Underpass dalam proyek jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh dengan menggunakan Metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) dan EVM (Earned Value Management). PeneIitian ini menggunakan jenis peneIitian terapan, jenis data yang digunakan adaIah data sekunder yang diambil dan dikumpulkan secara langsung dari tempat penelitian. Hasil peneIitian ini menunjukkan bahwa integrasi Metode PERT dan EVM dapat menghasilkan perencanaan yang lebih baik dan pengendalian yang lebih efektif terhadap waktu dan biaya proyek. Dengan pemantauan yang cermat dan analisis terus-menerus, proyek ini dapat diselesaikan lebih cepat dan dengan biaya yang Iebih efisien, sehingga memberikan manfaat signifikan bagi pemangku kepentingan proyek dan masyarakat yang akan menggunakan jalan tol ini. Proyek ini memiliki probabilitas sebesar 98,46% dengan estimasi waktu penyelesaian adalah 70 hari. Adapun perkiraan total biaya akhir proyek jika tren berkelanjutan adalah Rp 2.844.277.455.

References

Aditama, D., Samsudin, E., Andesta, D., & Ismiyah, E. (n.d.). ANALISIS BIAYA DAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN CERME PRISMA LAND BLOK K MENGGUNAKAN METODE PERT DAN EVM (Studi Kasus: PT. Cahaya Prisma Utama).

Aulia, S., & Cipta, H. (2023). Network Planning Analysis Using CPM and PERT Methods on Optimization of Time and Cost. Sinkron, 8(1), 171–177. https://doi.org/10.33395/sinkron.v8i1.11961

Aura, F., Pembangunan, U., Veteran, N., Timur, J., Novitasari, R., Rungkut, J., Surabaya, M., & Penulis:, K. (2024). Analisis Perencanaan dan Pengendalian Proyek Kapal X di PT XYZ dengan Menggunakan Metode Earn Value Management. 2(1), 65–72. https://doi.org/10.61132/konstruksi.v2i1.46

Basriati, S., Melda, A., Matematika, J., Sains dan Teknologi, F., Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, U. H., & Baru, S. (n.d.). Analisis Biaya Pembangunan Proyek Perumahan Menggunakan Metode PERT dan EVM (Studi Kasus: Perumahan D’Lion Cluster).

Kasus, S., Pembangunan Jembatan Sei Merangin Kabupaten Kampar Elfira Safitri, P., Basriati, S., Wulandari, R., Studi Matematika, P., Sains dan Teknologi, F., Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, U. H., & Baru, S. (2019). Analisis Optimasi Biaya dan Waktu dengan Metode PERT dan TCTO (Vol. 12).

Mirnayani, & Armansyah. (2016). PENERAPAN EARNED VALUE METHOD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA BIAYA DAN JADWAL PADA PROYEK APARTEMEN EASTON PARK SERPONG. Rekayasa Sipil, 5(1), 16.

Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika, 2017?: Kudus, 25 Juli 2017. (n.d.).

Sains Teknologi, C., Proyek Pembangunan Gedung di Tanah Merah Binjai Bartholomeus, P., Trysman Zega, A., & Okt, D. (2022). Penerapan dan Earned Value Analysis (EVA) A B S T R A K Sejarah artikel. 1(2), 120–127.

Skripsi Lulitasari. (n.d.).

Wahyuni, E., & Hendrawan, B. (2018). ANALISIS KINERJA PROYEK “Y”MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (Studi Kasus di PT Asian Sealand Engineering). In Journal of Applied Business Administration (Vol. 2, Issue 1).

Downloads

Published

2024-03-23