Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembiasaan Literasi yang Disertai LK Bermakna pada Materi Segitiga

Authors

  • Ninik Indiarti SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto

Keywords:

Pembiasaan Literasi, LK Bermakna

Abstract

Pembiasaan literasi  di SMPN 1 Gedeg dengan kegiatan budaya baca dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai dengan  waktu 15 menit.  Setiap kelas   dilengkapi  tempat sudut baca yang berisi buku cerita serta jurnal membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi   melalui pembiasaan literasi  yang diterapkan pada pembelajaran matematika  . Siswa  terlebih dahulu membaca materi yang akan dipelajari, selain membaca siswa juga diberi tayangan video pembelajaran  tentang cara   melukis segitiga dan garis istimewa segitiga. Siswa langsung  praktik melukis  dan  menuliskan langkah-langkah melukis dengan kalimat  siswa sendiri. Kegiatan pembelajaran  yang dilakukan sesuai  petunjuk  yang  ada pada  Lembar  Kerja        ( LK ). LK yang dibuat adalah LK  bermakna yaitu LK yang memuat informasi yang menginspirasi,  pertanyaan atau perintah yang ada di LK mampu mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan  /  penemuan . Indikator keberhasilan  penelitian ini    adalah  aktifitas siswa mengalami kenaikan, nilai  ≥ 75 dan ketuntasan klasikal  ≥ 85%  dari banyak siswa. Dalam penelitian ini aktifitas siswa  mengalami peningkatan, pada siklus 1 prosentase keaktifan 62% dan pada siklus 2 menjadi 94% . Rata-rata hasil belajar diawal siklus  sebesar 44,7 sedangkan siklus 1 sebesar  66,8 dan pada siklus 2 sebesar 87,1. Ketuntasan belajar  pada siklus 1 sebesar 50% dan pada siklus 2 menjadi 91%.  Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembiasaan literasi  yang diterapkan pada pembelajaran matematika yang disertai LK bermakna materi segitiga  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat terus dikembangkan.

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kartono, Kartini. 2000. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV. Rajawali.
Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri.2008. Matematika konsep dan aplikasinya. Jakarta: Depdiknas
Modul Lokakarya. 2015. Materi Untuk Sekolah Praktik Yang Baik. Sekolah Menengah. Pertama/ Madrasah Tsanawiyah ( SMP/MTs ). Jakarta : USAID PRIORITAS
Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologo Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

2019-03-17