Analisis Sistem Antrian dengan Simulasi di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga

Authors

  • Puput Retno Muninggar Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Lilik Linawati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Hanna Arini Parhusip Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Keywords:

Model Antrian, Sistem Antrian, Simulasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model sistem antrian, mengetahui karakteristik sistem antrian, dan mendapatkan  hasil analisis simulasi pada sistem antrian di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung pada bagian Pendaftaran, bagian Cek Tekanan Darah dan bagian Periksa di Poliklinik Umum, dan bagian Pengambilan Obat. Hasil penelitian diperoleh masing-masing model antrian di bagian Pendaftaran, bagian Cek Tekanan Darah, dan bagian Pengambilan Obat adalah (G/G/1) : (FIFO/∞/∞), dimana waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan berdistribusi general, jumlah server 1, disiplin antrian FIFO, kapasitas sistem dan kapasitas kedatangan yang tidak terbatas. Model antrian di bagian Periksa yaitu (G/G/2) : (FIFO/∞/∞), yaitu waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan berdistribusi general, jumlah server 2, disiplin antrian FIFO, kapasitas sistem dan kapasitas kedatangan yang tidak terbatas. Kesesuaian hasil simulasi setiap pelayanan sudah mendekati kondisi nyatanya, namun pada bagian Cek Tekanan Darah dan Pengambilan Obat terdapat beberapa karakteristik yang belum sesuai dengan kondisi nyata. Hasil simulasi rata-rata jumlah pasien dalam antrian dan rata-rata waktu pasien dalam antrian pada bagian Cek Tekanan Darah dan bagian Pengambilan Obat lebih besar dari kondisi nyata.

References

Aminulloh, A.F. 2016. Analisis Model Antrian Multi Phase (Studi Kasus di SAMSAT Kota Pasuruan). Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Artiguna, Purina P., Sugito, dan Hoyyi, A. 2014. Analisis Sistem Antrian Pada Layanan Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Jurnal Gaussian, Vol. 3, No. 4, Hal. 801-810, ISSN: 2339-2541.
Farkhan, Feri.2013. Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi Pada Pelayanan Teller Bank. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Nindyaiswari, N., Sugito, dan Wilandari, Y. 2015. Identifikasi Antrian Bus Rapid Transit (BRT) Pada Halte Operasional BRT Semarang. Jurnal Gaussian, Vol. 4, No. 3, Hal. 593-601, ISSN: 2339-2541.
Putranto, M.A. 2014. Analisis Masalah Sistem Antrian Model Multi Phase Pada kantor SAMSAT Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta.
Shortle, J.F., Thompson, J.M., dkk. 2018. Fundamentals of Queueing Theory. 5th Edition. John Wiley and Sons, Inc.
Taha, HA. 2007. Operation Research Introduction. 8th Edition. Pearson Prentice Hall.
Taylor III BW. 2005. Introduction to Management Science. 8th Edition. Prentice Hall Pearson Education, Inc.
Winston, W.L. 2004. Operations Research Aplications and Algorithms. 4th Edition. Thomson Learning.
Yowoso, G.C. 2015. Analisis Sistem Antrian Service Mobil di PT. Tunas Mobilindo Perkasa dengan Menggunakan Simulasi Arena. Skripsi Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Darma Persada Jakarta.

Downloads

Published

2019-03-24