Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika Berdasarkan Ideal Problem Solving pada Materi Limit Fungsi

Authors

  • Dhea Andryos Yuntiaji Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

pemecahan masalah, IDEAL Problem Solving, Kesulitan Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan hambatan siswa dalam memecahkan soal matematika pada materi limit fungsi berdasarkan IDEAL Problem Solving dan juga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa dalam pemecahan masalah soal matematika pada materi limit fungsi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian  ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Kota Sukabumi dengan menggunakan jenis tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan model IDEAL Problem solving menunjukkan bahwa siswa masih banyak kesulitan dalam mencari alternatif pemecahan masalah dan  pemahaman konsep sehingga dalam penerapan pelaksanaan pemecahan masalah mendapat hasil yang salah atau membuat proses pemecahan masalah tidak efektif. Selain itu siswa masih merasa bingung untuk menemukan metode pemecahan soal matematika khususnya limit fungsi aljabar, di tambah lagi kurang nya pemahaman mengenai konsep dan prinsip limit fungsi aljabar ini membuat siswa mudah lupa sehingga masih belum mampu untuk memecahkan soal limit fungsi.

References

Ardiyanti Rosa, Murdanu. 2016. Analisis Kesulitan Mempelajari Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kasihan 2013/2014. UNY Jurnal Pendidikan Matematika. 1-11.
Indriyani.R.W, Masriyah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran IDEAL Probelem solving dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi Bagi Siswa Kelas VII SMP. Mathedunesa:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (2).(5). 100-108.
Nayazik.A, Sukestiyono. 2012. Pembelajaran Matematika Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi untuk Pembentukan Pendidikan Karakter dan Pemecahan Masalah Materi Dimesi Tiga Kelas X SMA. Pyhtagoras. (7).(2). 1-8.
Solekah Laili Ma’atus, Dewi Anggraeni, Adi Waluyo. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. STKIP PGRI Tulungagung Wacana Akademika. (1).(2). 151-164.
Ulya. Himmatul. 2016. Profil kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving.Universitas Muria Kudus Jurnal Konseling. (2).(1). 90-96.

Downloads

Published

2019-09-05