Model Dinamik Kontrol Optimal Predator-Prey dengan Respon Fungsional Beddington-De Angelis pada Tanaman Padi

Authors

  • Renny Renny Universitas Jenderal Soedirman
  • Rina Reorita Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.869

Keywords:

Model matematika, Predator-prey, singular-control, Bang-bang control, Persamaan diferensial

Abstract

Pada penelitian ini akan digunakan model predator-prey dengan respon fungsional Beddington-De Angelis yang dikembangkan oleh Prasad , namun dengan memberikan suatu kontrol optimal pada model sehingga diharapkan pengendalian terhadap OPT (predator) tidak akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Kontrol optimal yang digunakan adalah dengan menggunakan teori bang-bang control dan  singular control. Hasil simulasi model menunjukkan bahwa dengan menggunakan bang-bang control dan singular control, diperoleh bahwa model dinamik kontrol optimal predator-prey dengan respon fungsional Beddington de-Angelis dengan pemberian kontrol berupa pemberian pestisida kepada hama tanaman di lahan persawahan akan mempercepat penurunan proporsi jumlah hama yang ada dan juga berpengaruh terhadap proporsi tanaman padi yang ada.

References

Boyce, W.E. dan Diprima, R.C. 2012. Elementary Differential Equations and Boundary Value Problems. 9th Edition. USA: John Willey & Sons.

Brady, N.C. dan Weil, R.R. 2002. The Nature and Properties of Soils. 13th Edition. Upper Saddle River, New Jersey. USA.

Donggulo, C.V., Lapanjang, I.M., Made, U. 2017. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L) Pada Berbagai Pola Jajar Legowo dan Jarak Tanam. J. Agroland 24(1):27-35, April 2017.

Kartohardjono, A., Kertoseputo, D., Suryana, T. 2009. Hama Padi Potensial dan Pengendaliannya. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Korobeinikov, A. dan Wake, G.C. 1999. Global properties of the three-dimensional predator-prey Lotka-Volterra systems. Journal of Applied Mathematics & Decision Sciences 3(2), 155-162.

Prasad, B.S.R.V., Banerjee, M., Srinivasu, P.D.N. 2013. Dynamics of Additional Food Provided Predator-Prey System with Mutually Interfering Predators. Mathematical Biosciences. 246:176-190.

Renny dan Reorita, R. 2019. Laporan Penelitian. Model Matematika Efisiensi Penggunaan Nitrogen Pada Tanaman Padi Dan Kaitannya Dengan Keseimbangan Unsur Hara Makro Di Dalam Tanah. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Triadiati, Pratama, A.A., Abdulrachman, S. 2012. Pertumbuhan dan Efisiensi Penggunaan Nitrogen pada Padi (Oryza sativa L.) dengan Pemberian Pupuk Urea yang Berbeda. Buletin Anatomi dan Fisiologi. Volume XX Nomor 2.

Wibowo, T.B. dan Sutikno. 2016. Prediksi Serangan Hama pada Tanaman Padi Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Jurnal Teknik Informatika 9(2), Oktober 2016.

Downloads

Published

2021-03-25