Matematika pada Sekolah Dasar di Era Pandemi

Authors

  • Windi Setiawan UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.888

Keywords:

Matematika, Sekolah Dasar, Pandemi

Abstract

COVID-19 telah menjadi wabah yang mengguncang tatanan kehidupan manusia. Manusia dituntut untuk beradaptasi dengan segala perubahan tata cara kehidupan seperti pola hidup sehat agar dapat terhindar COVID 19, selalu menggunakan masker, jaga kebersihan, dan jaga jarak. Hal itu berimbas pada system pendidikan di Indonesia yang mana pada saat pandemic pembelajaran secara daring sebagai solusi untuk menekan penyebaran COVID-19. Namun, belajar secara daring tentu menimbulkan beberapa masalah yang dapat berimbas terhadap stresnya orang tua dan rasa bosan yang dimiliki oleh siswa dalam proses belajar atau pengerjaan tugas. Artikel ini ditulis dengan menggunakan studi pustaka dari berbagai sumber seperti media harian online atau jurnal nasional. Penulis mengupas mengenai masalah pembelajaran daring yang diperoleh dari berbagai sumber. Dari masalah tersebut penulis memberikan suatu solusi untuk memberikan tugas dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar tempat tinggal siswa dengan tujuan agar siswa dan orang tua dapat berkolaborasi dengan baik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Karena perlu diketahui bahwa belajar matematika dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya dapat menambah motivasi siswa untuk menyelesaikan tugas dan perlu diketahui bahwa pembelajaran daring bisa sukses jika orang tua terlibat secara maksimal.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan?: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 282–289.
Cahya, C., Supriono, I., & Prihatnomo, J. (n.d.). Pembelajaran Daring, Menyenangkan Siswa, Sulit bagi Orang Tua. Retrieved from https://www.suaramerdeka.com/news/liputan-khusus/237279-pembelajaran-daring-menyenangkan-siswa-sulit-bagi-orang-tua
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 4–6.
Depdiknas. (2002). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(1), 142–149.
Iswinarno, C. (2020). Guru dan Murid Tak Punya Smartphone, Belajar Daring Terkendala di Siberut. Retrieved November 27, 2020, from https://www.suara.com/news/2020/06/05/230553/guru-dan-murid-tak-punya-smartphone-belajar-daring-terkendala-di-siberut
Kaesno, D. (2020). Update Corona Dunia 26 November dan Data Terkini dari WHO. Retrieved November 27, 2020, from https://tirto.id/update-corona-dunia-26-november-dan-data-terkini-dari-who-f7qq
Makdori, Y. (2020). Nadiem: Kesehatan dan Keselamatan Peserta Didik Paling Penting. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/4346572/nadiem-kesehatan-dan-keselamatan-peserta-didik-paling-penting
Owens, T. (2001). Teacher Preparation for Contextual Teaching and Learning A Statewide Consortium Model. Portland, Oregon: Northwest Regional Educational Laboratory.
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76.
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150–163.
Williams, D. (2020). Timeline Penyebaran Virus Corona di Dunia. Retrieved November 18, 2020, from https://news.detik.com/dw/d-4948386/timeline-penyeb

Downloads

Published

2021-03-25