Panduan Penulisan

Para penulis yang mempublikasikan artikelnya di Majamecha megikuti panduan penulisan sebagai berikut:

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A4, jumlah halaman 7-15 halaman, dan diserahkan paling lambat akhir Mei untuk terbit bulan Juni, dan akhir November untuk terbit Desember, diketik dengan menggunakan MS.Word. Naskah yang masuk dievaluasi oleh Tim Penyunting. 
  2. Artikel yang dimuat dalam artikel ini meliputi tulisan tentang bidang ilmu Teknik Mesin dan permesinan, meliputi konversi energi, manufakturing, material dan perancangan mesin.
  3. Semua tulisan ditulis dalam bentuk esai, disertai judul sub bab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul sub bab. Peringkat judul sub bab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua huruf dicetak tebal/bold), jika diketik dengan komputer, dan letaknya pada tepi kiri halaman, dan bukan dengan angka halaman.
  4. Hasil penelitian disajikan dengan sistematika berikut. (a) judul, (b) nama pengarang, (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan (tanpa judul sub bab) yang berisi latar belakang, pembahasan kepustakaan dan tujuan penelitian, (f) metode, (g) hasil dan pembahasan, (i) simpulan dan saran, dan (j) daftar pustaka.
  5. Daftar pustaka disajikan mengikuti tatacara format sitasi APA (American Psychological Association), contoh; Rijanto, A. (2019). KAJI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PADA MESIN PARUT KELAPA.Majamecha, 1(1), 1-10. Dengan mengurutkan berdasarkan urutan abjad nama penulis. Jumlah rujukan dalam daftar pustaka minimal 5 rujukan.
  6. Tatacara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam pedoman umum penulisan karya ilmiah. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. 
  7. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh reviewers yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis atau lewat e-mail.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggungjawab penuh penulis artikel tersebut.
  9. Untuk lebih jelasnya penulisan artikel dapat dilihat pada template Majamecha.