Analisis Perbandingan Proses Pembubutan Pada Baja Carbon Rendah Dan Tinggi UPTBalai Latihan Kerja Mojokerto, Jawa Timur

Authors

  • Irdani Pulawidana Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Lutfia Puspa Indah Arum Universitas Islam Majapahit

Keywords:

waktu pembubutan, besar pemakanan, baja karbon, kecepatan pemakanan

Abstract

Proses pembubutan pada penelitian ini menggunakan baja karbon tinggi dan rendah. Dalam proses pembubutan yang akan dikaji ialah waktu pembubutan, kecepatan pemakanan dan besar pemakanan pada tiap bahan baja sehingga dapat diperoleh hasil penggunaan bahan baja yang efektif. Fase awal dalam melakukan pembubutan ialah studi pendahuluan dan penentuan alat dan bahan yang digunakan. Identifikasi jenis pembubutan dan jenis bahan dilakukan dengan menggunakan pembubutan silinder pada bahan baja karbon tinggi dan rendah. Putaran mesin yang digunakan dalam penelitian ini adalah 500 rpm. Bahan baja tinggi dan rendah yang berdiameter awal 40 mm akan dibubut menjadi 30 mm dengan Panjang bahan pembubutan rata-rata 65 mm dan jarak star pahat 4 mm. Waktu pembubutan pada baja karbon tinggi dan rendah memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Waktu pemrosesan yang lebih lama yaitu sebesar 5.3 menit diperoleh saat menggunakan baja karbon tinggi karena tingkat kekerasannya yang berbeda dari baja karbon rendah yaitu sebesar 4.7 menit. Sedangkan kecepatan pemakanan dan besar pemakanan pada baja karbon tinggi sebesar 11.32 mm/menit dan 0.0226 mm/putaran sedangkan untuk baja karbon rendah sebesar 12.76 mm/menit dan 0.0255 mm/putaran.

References

Farokhi, M., Sumbodo, W., (2017). Pengaruh Kecepatan Putar Spindle (RPM) Dan Jenis Sudut Pahat Pada Proses Pembubutan Terhadap Tingkat Kekerasan Benda Kerja Baja, 10.

Irvan, M.F., Qolik, A., Basuki, B., (2019). Pengaruh Metode Penyayatan Laju Tinggi dan Sudut Buang Pahat Terhadap Kekasaran Permukaan Hasil Bubut Rata Menggunakan Pahat HSS Pada Bahan Bronze.

Sastal, A.Z., Gunawan, Y., Sudia, B., (2018). ENTHALPY-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin 3, 11.

Siswanto, B., Sunyoto, S., (2018). Pengaruh Kecepatan dan Kedalaman Potong pada Proses Pembubutan Konvensional Terhadap Kekasaran Permukaan Lubang. J. Din. Vok. Tek. Mesin 3, 82–86.

Su-Marna, G.C.P., (2014). Optimasi Parameter Proses Bubut Baja St 60 Dengan Media Pendingin 2, 8.

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Pulawidana, I., Rijanto, A., & Indah Arum, L. P. (2021). Analisis Perbandingan Proses Pembubutan Pada Baja Carbon Rendah Dan Tinggi UPTBalai Latihan Kerja Mojokerto, Jawa Timur. Majamecha, 3(1), 32–42. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/1131

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>