Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro

Authors

  • Niko Siburian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Winfrontstein Naibaho Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tambos Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.2942

Keywords:

Pembangkit Listrik Tenaga Air, simulasi, persiapan dan perancangan, intensitas debit air

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan sumber energi listrik bagi masyarakat yang memberikan banyak keuntungan terutama bagi masyarakat pedalaman di seluruh indonesia. permasalahaan yang berkaitan dengan listrik untuk memberikan hasil yang diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) sebagai penerang yang bersekala kecil untuk kebutuhan tertentu, antara lain yaitu bagaimana simulasi perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Pico hidro  (PLTPH) untuk menghasilkan listrik berskala kecil, serta bagaimana menganalisa Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) dirancang untuk menghasilkan energi listrik berskala kecil, dan menganalisa daya listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) dalam skala kecil. Pembangkit Listrik Tenaga Poco Hidro (PLTPH) adalah istilah yang digunakan untuk instalisi pembangkit listrik yang menggunakan energi air. metode eksperimen digunakan meliputi persiapan dan perancangan Pembagkit Listrik Tenaga Air Pico Hidro (PLTAPH). Daya yang dihasilkan oleh generator pada alat yang di rancang ini sangat di pengaruhi oleh intensitas debit air, di mana hasil maksimum di perloleh ketika keran air dibuka full maka di dapat debit air 1,25 liter per detik Rancangan pembangkit listrik tenaga pico hidro sukses berhasil dan berjalan dengan baik hanya saja arus yang di hasilkan masih sangat kecil dan kurang efisien di gunakan di rumah-rumah penduduk yang kekurangan pencahayaan di karenakan putaran turbin ke poros generator kurang cepat sehingga daya listrik yang dihasilkan sangan rendah.

References

Abdul Nasir,B. (2014). Design Considetaring Of Micro – Hidro- Electrik Power Plant. Energy procedia , 50 19 – 29.

Arifin, I. (2015). Automatic Water Level Control Barbasis Mikrocontroller Dengan Sensor, pendidikanTeknikElektro, 1-56.

Himran, Sukri. 2017. Turbin Air Teori Dan Dasar Perancangan. Yogyakarta: ANDI

Jaliwala, R., dan Tim Contained Energy Indonesia., 2010. Buku Panduan Energi yang Terbarukan Dalam Negeri. Jakarta.

Jasa, Lie dkk. 2017. Mikro Hidro; strategi memanfaatkan energi dan ramah lingkungan. Yogyakarta:Teknosain.

Jatmiko, dkk. 2012. “ Pemanfaatan Pemandian Umum Untuk Pembangkit Tenaga Listrik Mikrohidro ( PLTMh) Menggunakan Kincir Tipe Overshot”.

Mahardika, M :Andi; Gunawan, (2021). Perancangan Dan Manufartur Pompa Sentrifugal. https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan dan Manufartur pompaSentrif/ebUSEAAAQBAJ?hl=id&pbpv=1&dq=pompa+sentrifugal&printsec=frontcover (diakses pada 26 Noverber 2021).

Maisur. M T. (2018). Analisis Pengujian Pompa Sentrifugal. http://eprints.unwahas.ac.id/1066/1/1%20Cover.pdf (diakses pada 26 November 2021).

Putro,W. (2010). Pengujian Pompa Sentrifugal Menggunakan Kontrol Inverter. W.D.Putro / Semesta Teknika, 13 (1,21,30),22.

Syahrul KA,M. Agus Sahbana (2018), PROTON , vol 10 No 2.

Syahputra, T. M., Syukri, M., & Sara, I. D. (2017). Rancang Bangun Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hydro dengan menggunakan Turbin Ulir. KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro, 2(1), 16-22. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/kitektro/article/view/6757.

Triatmadja, Radianta. (2019). Teknik Penyediaan Air Minum Perpipaan. https://www.google.co.id/book/edition/Teknik Penyediaan Air Minum Perpipaan/jkaaDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pompa+sentrifugal&pg=PA134&printsec=frontcover (diakses pada 26 November 2021).

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Siburian, N., Naibaho, W. ., & Sianturi, T. (2023). Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro. Majamecha, 5(2), 86–98. https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.2942

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)