PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MODEL PAIKEM DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X IPA MA ISLAMIC CENTER KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Mariah Ulfa Safitri IAIN CIREBON, FITK, Tadris Bahasa Indonesia

Abstract

Kata Kunci: Penelitian, PAIKEM, Media Audiovisual, PTK, Teks Puisi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks puisi kelas X IPA MA Islamic Center Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan model PAIKEM dan media audiovisual. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran menulis teks puisi siswa yang masih tergolong kurang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur PTK terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model PAIKEM dan media audiovisual mampu meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa. Kemampuan rerata siswa dalam menulis teks puisi sebelum adanya tindakan berkategori kurang. Namun setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, kemampuan rerata siswa dalam menulis teks puisi berkategori baik. Hal ini berdasarkan hasil dari prasiklus dengan nilai rerata hitung sebesar 62,24 meningkat di siklus I menjadi 76,8 dan pada siklus II nilai rerata hitung kembali meningkat menjadi 77,6. Jadi, kemampuan menulis teks puisi siswa dari prasiklus sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,36.

Downloads

Published

2019-12-16

Issue

Section

Articles