Pelatihan Learning Management System Untuk Guru SMAN Jogoroto Pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
learning management system, chamilo, pembelajaran daring, covid-19Abstract
Proses Belajar Mengajar pada masa pandemi Covid-19 memaksa pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan kebijakan strategis penerapan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah pembelajaran secara daring. Pembelajaran yang tadinya terbatas pada ruang dan waktu berkembang dengan pesat dan memunculkan LMS (Learning Manajemen System). Hal tersebut melatarbelakangi tim pengabdian untuk memberikan pelatihan “Peningkatan penggunaan Learning Manajemen System Bagi Guru SMAN Jogoroto”. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Guru SMA Negeri Jogoroto dengan metode ceramah dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah 58 orang yang semuanya merupakan Guru Mata Pelajaran di SMAN Jogoroto. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu) hari dengan durasi 5 (Lima) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan Learning Manajement Sstem dengan memanfaatkan Chamilo. Keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat diketahui dari hasil kuisioner responden yang sebagian besar memberikan penilaian yang sangat baik dari indikator Pemanfaatan LMS, Koneksi Internet Untuk Mengakses LMS, Aktivitas pengguna yang mendukung LMS, Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan LMS serta Kemudahan Aplikasi LMS.
References
Chamilo. (2020). Chamilo-What is it. Retrieved August 4, 2020, from https://docs.chamilo.org/admin-guide/chamilo-_what_is_it
Dinkes.jombangkab.go.id. (2020). Data Covid-19 Kabupaten Jombang. Retrieved August 16, 2020, from https://dinkes.jombangkab.go.id/data-covid-19-kabupaten-jombang
Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270
Hernawati, K. (2011). E-Learning Adaptif Berbasis Karakteristik Peserta Didik. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–10. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/7174/1/PM-9 - Kuswari Hernawati.pdf
Muslih, M. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 215. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1090
Putri, G. K., Ani, Y., & Dewi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Effect Of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Al-Fikrah, 2(1), 60–79.
Riad, A. M., & El-Ghareeb, H. A. (2008). A service oriented architecture to integrate mobile assessment in learning management systems. Turkish Online Journal of Distance Education, 9(2), 200–219. https://doi.org/10.17718/tojde.14156
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177
Tumengkol, A. A. (2020). Pengalaman Pembelajaran Berbasis Blended Learning Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Menggunakan Google Classroom Pada Mahasiswa Geografi. Jurnal Episentrum, 1(1), 39. https://doi.org/10.36412/jepst.v1i1.1809