DESAIN KOMERSIALISASI DAN PROMOSI PRODUK MINUMAN INOVASI PADA LUPA WAKTU CAFFE

Penulis

  • Hartono Universitas Islam Majapahit
  • M Adik Rusdianto Universitas Islam Majapahit
  • Rahayu Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

produk inovasi, coffe, internet branding

Abstrak

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Lupa waktu Caffe yang berlokasi di jalan suratan AMD kota mojokerto, Jawa Timur. cafe ini didirikan ditengah ramainya minat kalangan muda untuk  mencoba varian baru dibidang kuliner khususnya coffe yang sedang trend saat ini. Di era perkembangan  saat  ini, diperlukan inovasi untuk mencari segmen pasar  produk baru salah satunya dengan mengandeng Soekarno Straat band lokal sebagai iconnya.  Beberapa teknik promosi sudah dilakukan oleh mitra, akan tetapi hingga saat ini  lupa waktu Caffe  masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu teknik promosi yang dilakukan harus dirubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi   di  masayarakat  saat  ini.  Selain  itu, kurangnya faktor pendanaan atau modal yang dialami oleh mitra untuk dapat mengembangkan dan mempromosikan produknya. Berkaitan dengan  masalah  utama yang telah disebutkan, program ini akan menawarkan solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra. Metode yang akan digunakan adalah  promosi produk melalui internet,  untuk  meningkatkan  promosi  produk  inovasi  serta memberikan desain untuk komersialisasi kemasan produk inovasi. Internet branding yang ditawarkan adalah membuat  sistem yang  terdiri dari  website  yang  akan terhubung dengan media sosial sebagai media untuk penjualan dan promosi produk. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah diharapkan mitra mampu membangun brand secara digital serta  mampu  mempublikasikan  produk   inovasi dengan kemasan lebih  komersial  kepada  masyarakat  luas,  dengan  demikian diharapkan produksi dan penjualan akan semakin meningkat.

Referensi

Setiawan A, 1999. khasiat, batang-pisang http://www.khasiat.co.id/daun/daun- pisang-kering.html , [dikutip tanggal 14 Desember 2019]

TechInAsia, 2014, [online] https://id.techinasia.com/statistik-pengguna-Internet- di-asia-dan-indonesia-slideshow [diakses pada tanggal 16 september 2020]

Puspitasari, L. & Ishii, K., 2016, ‘Digital divides and mobile Internet in Indonesia: Impact of smartphones’, Journal of Telematics and Informatics, Volume 33, Issue 2, pp 472–483.

Ghezzia, Antonio., et all., 2016, ‘A role for startups in unleashing the disruptive power of social media’, International Journal of Information Management, Volume 36, Issue 6, Part A, pp 1152–1159.

Tayebi, A., 2013, ‘Planning activism: Using Social Media to claim marginal ized citizens’ right to the city’, Cities Journal, Volume 32, pp 88–93.

Rowley, J., 2008, ‘Understanding digital content marketing’, Journal of Marketing Management, Volume 24, 2008 - Issue 5-6, pp. 517-540.

Rowley, j., 2008, [online] (https://latarkelas.wordpress.com/2014/05/29/merancang-proses-produksi/, [dikutip tanggal 14 desember 2019].

Truyens, M. & Van Eecke, P., 2016, ‘Liability of domain name registries: Don't shoot the messenger, Journal of Computer Law & Security Review, Volume 32, Issue 2, pp 327–344

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-29