DESAIN KOMERSIALISASI DAN PROMOSI PRODUK MINUMAN INOVASI PADA LUPA WAKTU CAFFE
Kata Kunci:
produk inovasi, coffe, internet brandingAbstrak
Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Lupa waktu Caffe yang berlokasi di jalan suratan AMD kota mojokerto, Jawa Timur. cafe ini didirikan ditengah ramainya minat kalangan muda untuk mencoba varian baru dibidang kuliner khususnya coffe yang sedang trend saat ini. Di era perkembangan saat ini, diperlukan inovasi untuk mencari segmen pasar produk baru salah satunya dengan mengandeng Soekarno Straat band lokal sebagai iconnya. Beberapa teknik promosi sudah dilakukan oleh mitra, akan tetapi hingga saat ini lupa waktu Caffe masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu teknik promosi yang dilakukan harus dirubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi di masayarakat saat ini. Selain itu, kurangnya faktor pendanaan atau modal yang dialami oleh mitra untuk dapat mengembangkan dan mempromosikan produknya. Berkaitan dengan masalah utama yang telah disebutkan, program ini akan menawarkan solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra. Metode yang akan digunakan adalah promosi produk melalui internet, untuk meningkatkan promosi produk inovasi serta memberikan desain untuk komersialisasi kemasan produk inovasi. Internet branding yang ditawarkan adalah membuat sistem yang terdiri dari website yang akan terhubung dengan media sosial sebagai media untuk penjualan dan promosi produk. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah diharapkan mitra mampu membangun brand secara digital serta mampu mempublikasikan produk inovasi dengan kemasan lebih komersial kepada masyarakat luas, dengan demikian diharapkan produksi dan penjualan akan semakin meningkat.
Referensi
Setiawan A, 1999. khasiat, batang-pisang http://www.khasiat.co.id/daun/daun- pisang-kering.html , [dikutip tanggal 14 Desember 2019]
TechInAsia, 2014, [online] https://id.techinasia.com/statistik-pengguna-Internet- di-asia-dan-indonesia-slideshow [diakses pada tanggal 16 september 2020]
Puspitasari, L. & Ishii, K., 2016, ‘Digital divides and mobile Internet in Indonesia: Impact of smartphones’, Journal of Telematics and Informatics, Volume 33, Issue 2, pp 472–483.
Ghezzia, Antonio., et all., 2016, ‘A role for startups in unleashing the disruptive power of social media’, International Journal of Information Management, Volume 36, Issue 6, Part A, pp 1152–1159.
Tayebi, A., 2013, ‘Planning activism: Using Social Media to claim marginal ized citizens’ right to the city’, Cities Journal, Volume 32, pp 88–93.
Rowley, J., 2008, ‘Understanding digital content marketing’, Journal of Marketing Management, Volume 24, 2008 - Issue 5-6, pp. 517-540.
Rowley, j., 2008, [online] (https://latarkelas.wordpress.com/2014/05/29/merancang-proses-produksi/, [dikutip tanggal 14 desember 2019].
Truyens, M. & Van Eecke, P., 2016, ‘Liability of domain name registries: Don't shoot the messenger, Journal of Computer Law & Security Review, Volume 32, Issue 2, pp 327–344