Pembinaan Manajemen Usaha dan Marketing Pada Pengrajin Sepatu UD Barokah di Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto
Kata Kunci:
pemasaran, e-marketing, manajemen usaha, kemampuan manajerialAbstrak
Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan daya saing melalui pendampingan pemasaran dan manajemen usaha. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demontrasi, praktik langsung, serta observasi. Pengabdian bagi masyarakat ini diharapkan dapat membantu UD Barokah dalam mengembangkan usahanya. Berhasilnya pembinaan yang diberikan, diharapkan bisa memotivasi masyarakat sekitarnya yang memiliki usaha sejenis untuk bersama-sama mengembangkan usaha, sehingga produk sepatu bisa dijadikan produk unggulan Kabupaten Mojokerto. Solusi yang ditawarkan adalah melakukan pembinaan dan pendampingan usaha untuk mengembangkan usaha dan memasarkan hasil usahanya. Rencana luaran yang ditargetkan berupa pendampingan dalam pengelolaan manajemen usaha secara profesional agar mitra mempunyai kemampuan manajerial dan membantu memasarkan hasil usaha melalui kegiatan pemasaran seperti e-marketing serta strategi pemasaran sederhana.