Aplikasi Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika dan Self-Regulated Learning
Keywords:
PQ4R, Komunikasi Matematika, Self-Regulated LearningAbstract
Komunikasi yang efektif sangat penting dalam pembejaran. Salah satu keuntungan komunikasi matematika yang efektif antara guru dan peserta didik serta antara peserta didik dan peserta didik adalah tercapainya tujuan pembelajaran. Pada sisi berbeda, pembelajaran tidak akan maksimal jika hanya dilaksanakan di kelas saja dengan waktu yang sangat terbatas. Kemampuan self regulated learning menjadi kemampuan lain yang dibutuhkan oleh seorang peserta didik. Untuk itu strategi preview, question, read, reflect, recite dan review (PQ4R) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Keadaan ini yang menjadi titik incar dalam artikel ini. Hasil kajian diperoleh PQ4R berperan penting dalam belajar matematika. Sehingga terjadi komunikasi yang efektif antara siswa dan guru dengan saling berinteraksi dan berkomunikasi mengenai materi matematika yang sedang dipelajari.
References
Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasioning, and Communicating, K-8 Helping Children Think Matematically. New York: Mc Millan Publishing Company
Boekarts, M., Pintrich., & Zeidner, M. (2000). Hand Book of Self Relation. California: Academic Press.
Cobb, P., Yackel, E., & Wood,T (2003). A Constructivis Alternative the Representatianal view of mind in Mathematics Education. Journal for Reach in Mathematics Educations, 23(1), 2-33
Darmiany, (2012). Self Regulated Learning [SRL] Riset dan Aplikasi, Mataram, Arga Puji Press.
Edi Tandililing, 2011. The enhancement of Mathematical Communication and self Regulated Learning of high school students through PQ4R Strategy Accompanied by refutation text reading, Paper has been presented at international seminar and fourt national conference on mathematics education. Yogyakarta State University.
Hiebert & Carpenter, (1992). Learning and Teaching with understanding in Grows. Handbook of Research on Mathematics Learning and Teaching, 65-67. New York: McMillan.
Kerlin, BA. (1992). Cognitive Engagement Style, Self Regulated Learning and Cooperative Learning (Online). http://kerlins.net/bobbi/research/myreasearch/srl.html. diakses 18 September 2018
Kloppel and Campagne, Communication in Mathematics,Master Action Research Project, St. Xavier University&iIRI/Skylight.
Slavin, R.E.(1994). The PQ4R Method was Development. Education Psicology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Slavin, R.E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon
Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar, Laporan Penelitian FMIPA UPI.
Thomas & Robinson,(1999), Teaching Text Structure to Improve Reading and Writing, Science Education, 26, 130-137.
Zimmerman, B.J. (2000). Teories of Self Regulated Learning and Academic Achivement: An Overview and Analysis. Self Regelated Learning and Academic Achivement: Theoritical Perspective. Edition. Lawrece Erlbaum Associates Inc. 10 Industrial Avanue, Mahwah, NJ 07430
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.