Pengaruh Modifikasi Bore Up dan Porting pada Motor Honda GL 125 Terhadap Kompresi Mesin
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v4i2.1324Keywords:
piston, kompresi, daya, torsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modifikasi bore up dan porting pada motor honda GL 125 terhadap kompresi mesin. Penelitian ini meggunakan metode eksperimental dengan modifikasi bore up yaitu mengganti piston standar berukuran 63,5 mm dengan piston modifikasi yang lebih besar berukuran 64,5 mm. Hasil penelitian adalah 1) piston standar mampu menghasilkan kompresi sebesar 7,4 ????/????2, sedangkan piston modifikasi menghasilkan kompresi sebesar 8,1 ????/????2, 2) daya yang dihasilkan dari piston standar sebesar 178,5 hp, sedangkan daya dari piston modifikasi sebesar 198,5 hp, dan 3) torsi yang dihasilkan piston standar sebesar 110,2 ????/????2, sedangkan torsi dari piston modifikasi sebesar 112,6 ????/????2. Piston yang lebih besar menghasilkan kompresi, daya dan torsi yang lebih besar.
References
Lestari DS, Teknik P, Universitas M, Syofii I, Mesin PT, Lampung RB (2016). Upaya Meningkatkan Performa Mesin Yamaha Vega R Efforts To Enhance Yamaha Vega R Enformation With.
Majedi, F., & Puspitasari, I. (2017). Optimasi daya dan torsi pada motor 4 tak dengan modifikasi crankshaft dan porting pada cylinder head. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 5(1), 82-89.
Nugroho PNA, Setyayudha EP. (2016). Akibat Peningkatan Volume Silinder Pada Mesin Empat Langkah Dengan Bore Up Dan Stroke Up Performance Characteristics And Emission Evaluation Due To An Increase Of Cylinder Volume In Four-Stroke Engine With Bore Up And Stroke Up.7-12.
Prasetiyo, G. B. (2014). Modifikasi Volume Silinder Motor Tossa 100 cc Menjadi 110 cc Untuk Meningkatkan Performa Mesin. Jurnal Sistem, 10(3), 51-62
Putra WT, Malyadi M. (2019). Analisa Efek Perubahan Venturi Karburator Terhadap Performance Mesin Pada Sepeda Motor Yamaha Vega. Komputek, 3(1):1. doi:10.24269/jkt.v3i1.197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Majamecha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.