Perbandingan Frame Untuk Kontes Mobil Hemat Energi Kategori Prototype
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2.3483Keywords:
frame, kontes mobil hemat energi 2024, perancangan frameAbstract
Frame kendaraan merupakan rangka yang berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin penumpang, serta beban-beban lain. Saat proses manufaktur, body kendaraan dibentuk sesuai dengan struktur frame-nya. Perancangan desain frame yang tepat memegang peran penting atas pendistribusian beban dan kekuatan dari frame tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang frame kendaraan mobil hemat energi pada kategori prototype dengan simulasi pembebanan statis. Pada analisis pembebanan statis dapat berupa distribusi tegangan pada von mises stress, displacement, dan dengan safety factor memperhatikan mass frame. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan software solidworks 2022. Menggunakan dua variasi desain frame. Keduanya diberi beban yang sama yaitu 500N pada tempat duduk pengemudi, 700N pada roll bar, 200N pada tempat mesin. Tahanan pada rangka yaitu dibagian roda depan dan roda belakang. Hasil menunjukkan bahwa frame A dengan dasar desain ladder frame adalah frame paling ringan dan kuat dilihat dari nilai mass sebesar 8 kg memiliki nilai safety of factor 2.
References
Abidin, Zainal, Rama, and Berthan Ridho. 2015. “Analisa Distribusi Tegangan Dan Defleksi Connecting Rod Sepeda Motor 100 Cc Menggunakan Metode Elemen.” Jurnal Rekayasa Mesin 15(1): 30–39.
Badrawada, I Gusti Gde, Adi Purwanto, and Edo Riyan Firlanda. 2019. “Analisa Aerodinamika Bodi Kendaraan Mataram Proto Diesel Dengan ANSYS 15.0.” Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material 3(1): 8. doi:10.30588/jeemm.v3i1.481.
Hendrawan, Muh Alfatih, Pramuko Ilmu Purboputro, Meda Aji Saputro, and Wayan Setiyadi. 2018. “Perancangan Chassis Mobil Listrik Prototype ‘ Ababil ’ Dan Simulasi Pembebanan Statik Dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016Hendrawan, M. A., Purboputro, P. I., Saputro, M. A., & Setiyadi, W. (2018). Perancangan Chassis Mobil Listrik Prototype “ Ababi.” The 7th University Research Colloquium 2018: 96–105.
Ikhsan, Muhammad, Brainvendra Widi, Sinka Wilyanti, Arisa Olivia, Safira Faizah, and Agung Pangestu. 2022. “Pengaruh Pembebanan Dan Pengaturan Kecepatan Motor Bldc 1 Kw Pada Sepeda Motor Listrik.” Jurnal Edukasi Elektro 6(2): 149–56. doi:10.21831/jee.v6i2.53318.
Lu, Shiqing, Hui Jin, Miao He, and Zhe Xu. 2019. “Analysis System of Power Tiller ’ s General Machine Components Based on VB and ANSYS Analysis System of Power Tiller ’ s General Machine Components Based on VB and ANSYS.” doi:10.1088/1742-6596/1237/4/042054.
Prasetiyo, A. B., K. A. Sekarjati, and Sutrisna. 2023. “Numerical Analysis of the Influence Iron Type on Von Mises Stress and Safety Parameters for Compost Processing Machine Frame Construction.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1151(1). doi:10.1088/1755-1315/1151/1/012058.
Premono, Agung, Ahmad Kholil, Hidayat Hidayat, and Dendy Saputra. 2022. “Pengembangan Perangkat Lunak Elemen Hingga Untuk Keperluan Pendidikan.” Semesta Teknika 25(1): 1–7.
Saleh, Faisal, Farah Fitriana, Iman K. Reksowardojo, Eka Firmansyah, Ridwan Wicaksono, Dwiyantoro. Bambang Arip, Denny Widhiyanuriyawan, Ario Sunar Baskoro, and Witantyo. 2024. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Perguruan Tinggi 2024 Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional.
Teguh, Iman, Syafri Syafri, and Nazaruddin Nazaruddin. 2018. “Perancangan Dan Analisis Statik Sistem Rangka Asykar Proto Mobil Hemat Energi.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau 5(1): 1–7.
Toteles, Aris, and Firman Alhaffis. 2021. “Analisis Material Kontruksi Chasis Mobil Listrik Laksamana V2 Menggunakan Software Autodesk Inventor.” Jurnal Teknik Mesin 7(1): 30–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Majamecha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.