Pengaplikasian Metode Three Coat Paint System Terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Baja Karbon Rendah SPCC
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2.3495Keywords:
three coat paint, SPCC, kerekatan, kekerasan, kekilapanAbstract
Metode pengecatan three coat paint merupakan metode pengecatan yang digunakan untuk menghasilkan hasil pengecatan yang baik dari segi estetika khususnya pada bodi kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tingkat kerekatan, kekerasan dan kekilapan dari hasil pengecatan three coat paint dengan material pabrikan baja karbon rendah SPCC (Steel Plate Cold Rolled Coiled). Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode ekspesimental dengan studi kasus di PT. Armada International Motor Magelang. Hasil pengujian kerekatan yang maksimal atau disebut 5B pada pengujian cross cut test tipe didapatkan pada variasi A (1:3) dengan penambahan tinner 60%, 70% dan 80%. Variasi B (2:3) mendapatkan hasil maksimal pada penambahan thinner 80% dan penambahan thinner 60% mendapatkan hasil paling rendah dengan kualitas 3B. Hasil pengujian kekerasan dengan nilai rata-rata kekerasan spesimen paling tinggi didapat pada penambahan thinner 60%, dengan nilai 125,40 kgf/mm2 pada variasi A dan 136,86 kgf/mm2 pada variasi B. Hasil pengujian kekerasan dengan nilai rata-rata kekerasan spesimen paling rendah didapat pada penambahan thinner 80%, dengan nilai 56,04 kgf/mm2 pada variasi A dan 108,25 kgf/mm2 pada variasi B. Hasil pengujian kekilapan menunjukkan nilai kekilapan paling tinggi didapat pada penambahan thinner 80%, dengan nilai 87,965 GU pada variasi A dan 94,035 GU pada variasi B. Hasil pengujian kekilapan menunjukkan nilai kekilapan paling rendah didapat pada penambahan thinner 60%, dengan nilai 78,98 GU pada variasi A dan 91,305 GU pada variasi B.
References
ASTM D3359-09. (2009). Standart Test Methods for Measuring Adhesion by Tape Test. United States: ASTM International.
ASTM E384-22. (2022). Standart Test Method for Microindentation Hardness of Material. United States: ASTM International
ASTM D523-14. (2014). Standard Test Method For Specular Gloss. United State: ASTM International
Bahtiar, F. Z., & Bahar, M. K. (2021). Dampak Kadar Thinner PU Terhadap Daya Kilap Pada Cat Dasar Lequer/Nitrocellulose (NC Semi Black Gloss) . Journal of Automotive Technology Vocational Education, 1.
Iman, H. I., Darsin, M., & Rei, S. R. (2019). Analisa Ketebalan Lapisan Pada Pengecatan Baja Karbon Rendah Menggunakan Metode Respons Permukaan. Sintek Jurnal, 2.
Rifai , S., & Suwahyo. (2021). Pengaruh Variasi Jenis Cat Primer Dan Temperatur Terhadap Laju Korosi Pada Pengecatan Menggunakan Oven. ASEJ, 1.
Roziqin, M., & Hardjito, A. (2024). Analisis Temperatur Benda Kerja Terhadap Kekerasan Cat Pada Proses Pengecatan Fabrikasi Metal Ducting. Journal of Mechanical Engeneering, Vol 1, No 3, 1-10.
Sabtiadi, H. A. (2020). Riview Analisis Pengaruh Penambahan Bahan Aditif (Aluminium Oksida dan Bismuth Oksida) Terhadap Sifat Mekanik High Density Polyethylene untuk Aplikasi Doctor Blade. Skripsi Institut Teknologi Sepuluh November.
Sudarono, & Suwahyo. (2021). Pengaruh Rasio Binder Dengan Cat Waterbase Terhadap Daya Rekat Dan Kekilapan Cat. ASEJ, 1.
Tyagita, A. D., Pratama, W. A., & Aprianto, D. B. (2019). Variasi Kadar Tiner Dan Temperatur Pengeringan Terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Bodi Kendaraan Berbahan ABS. Jurnal Proteksiom, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Majamecha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.