Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) pada Motor Honda CBR 150

Authors

  • M. Muzakki Al Fikri Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i1.366

Keywords:

PGM-FI, Sensor, Alat Diagnosa

Abstract

Sistem PGM-FI adalah suatu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimal sesuai yang dibutuhkan mesin pada setiap keadaan yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja sistem kontrol elektronik pada sepeda motor honda CBR 150, mengidentifikasi sensor – sensor yang ada pada sistem kontrol elektronik. Hasil pengukuran pada tiap komponen menggunakan alat diagnosic tool yang terdapat pada sistem kontrol elektronik adalah kondisi tiap komponen masih dalam keadaan bagus, dan pengukuran hubungan kabel, tegangan maupun tahanan masih dalam batas toleransi pada spesifikasi standar.

References

Astra motor. (2005). Buku Pedoman Reparasi ANF125M-5. Honda Motor Co., Ltd.
Astra motor. (tth). honda Technical Academy. honda Motor CO., Ltd.
Astra motor. (2007). AHM Buku Pedoman reparasi Honda CBR 150. Jakarta: PT. Astra Honda Motor.
Solikin, Mochmad. (2005). Sistem Injeksi Bahan Bakar Motor Bensin (EFI System). Yogyakarta: Kampong Ilmu.
Suyanto, Wardan.(1989). Teori Motor Bensin. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

2019-04-06

How to Cite

Al Fikri, M. M. (2019). Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) pada Motor Honda CBR 150. Majamecha, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i1.366

Issue

Section

Articles