PERAN GRUP SHALAWAT DALAM PERUBAHAN PERILAKU REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.36815/tarbiya.v12i2.700Keywords:
peran grup shalawat, perubahan perilaku remajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kegiatan grup shalawat shoutus syifa di dusun Kedung Banteng Sirigan Paron; 2) mendeskripsikan dan menganalisis peran grup shalawat shoutus syifa dalam perubahan perilaku remaja dusun Kedung Banteng Sirigan Paron. Peran grup shalawat dalam tulisan ini dideskripsikan dengan peran grup shalawat bagi para anggotanya. Sedangkan perilaku remaja yaitu situasi dan kondisi yang dilewati oleh remaja sesuai dengan tugas perkembangan masa remaja.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan studi kasus yaitu studi mendalam tentang individu atau suatu unit dalam jangka waktu tertentu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data.
Penelitian ini dilaksanakan di Kedung Banteng Sirigan Paron dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang remaja. Keempat remaja tersebut adalah anggota grup shalawat shoutus syifa yang menurut pengamatan peneliti mengalami perubahan perilaku setelah bergabung dengan grup shalawat.
Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan grup shalawat shoutus syifa’ di dusun Kedungbanteng Sirigan Paron meliputi shalawat bergilir dari mushola ke mushola, mengisi hajatan masyarakat dan kegiatan-kegiatan rutinan yaitu kegiatan rutinan shalawatan pada setiap kamis malam dan pengajian Jumat pahing.
Grup shalawat shoutus syifa sangat berperan dalam perubahan perilaku remaja anggota grup itu sendiri dalam aspek perubahan keadaan emosi, perubahan sosial, perubahan moral dan hubungan dengan keluarga.
References
Aini, Adrika Fithrotul. 2014. Living Hadis Dalam Tradisi Malam Kamis Majelis Shalawat Diba’ Bil Mustofa. Jurnal Ar Raniry. Vol.2 No. 1
Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. 2006. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Ali, Zainuddin. 2012. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Aminuddin. 2005. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Basit, Abdul. Strategi Pengembangan Masjid Bagi Generasi Muda. Jurnal Komunika. Vol.3 No.2 2009. 270-286
Esti Wuryani Djiwandono, Sri. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan. PT Erlangga
Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI)
Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mawardi, Kholid. 2009. Shalawatan: Pembelajaran Akhlak Kalangan Tradisionalis. Jurnal Insania Vol. 14 No. 3
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media Grup.
S. Feldman, Robert. 2012. Pengantar Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika
Tharsyah, Adnan. 2006. Yang Disenangi Nabi & Yang Tidak Disukai. Depok: Gema Insani
Tika, Aprilia. 2014. The Amazing Shalawat: 101 Kekuatan Dan Manfaat Shalawat. Jakarta: Penerbit Kalil Imprint PT Gramedia Pustaka Utama
Turmudi, Al Ustadz Turmudi “Abu Ahmad Afifuddin”, Kekuatan Shalawat: Menyibak Rahasia Dahsyatnya Shalawat Tak Terbatas, 2014. Jakarta: Imprint Al Mawardi Prima.
Wahyu dkk. Penerapan Nilai Keagamaan Melalui Seni Hadrah Maullatan Al Habsyi di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaran Vol 5 No. 9, Mei 2015. 679 – 686.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dian Febrianingsih, Muhammad Imamul Muttaqin Arisandi, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.