Pelatihan Keterampilan Kewirausahaan Pada Kelompok Alumni STIE YPPI Rembang

Authors

  • Ming Ming Lukiarti STIE YPPI Rembang
  • Agustina Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang

Keywords:

pelatihan, kewirausahaan, alumni

Abstract

Tahun 2020 STIE YPPI Rembang memiliki 1.752 alumni yang tersebar diberbagai daerah. Dari sekian banyak alumni memiliki berbagai latar belakang profesi. Mulai dari wirausaha, karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil. Dari berbagai latar belakang profesi tersebut perlu dilakukan pengembangan dalam kewirausahaan untuk me-refresh pengetahuan dan menambah skill dalam berwirausaha. Objeknya program ini adalah kelompok alumni dengan latar belakang yang berminat untuk berwirausaha..Kendala yang dihadapi yaitu: Kurangnya keterampilan dalam inovasi dan kreasi produk, kurangnya keterampilan dalam penetapan harga produk, kurangnya rasa percaya diri dalam memasarkan hasil produk dan butuh pendampingan menumbuhkan semangat wirausaha. Tujuan program ini adalah: Memberikan pelatihan inovasi produk pada peserta yaitu dengan memberikan skill penciptaan produk yang inovatif dan diterima di pasar, memberikan pelatihan penetapan harga produk, memberikan pelatihan strategi pemasaran online dan offline dan mengadakan pendampingan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan. luaran yang diharapkan dalam pengabdian ini adalah peserta mampu membuat produk yang kreatif dan inovatif, peserta mampu menetapkan harga produk secara tepat, peserta lebih percaya diri dalam memasarkan produknya dengan teknik pemasaran yang dikuasai, peserta semakin luas wawasan dalam kewirausahaan dan semakin semangat dalam menekuni usaha yang serta publikasi jurnal ilmiah untuk hasil program pengabdian ini.

References

Gorman, G., D. Hanlon, dan W. King, 1997. “Entrepreneurship education: the Australian perspective for the nineties”. Journal of Small Business Education 9: 1-14.

Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369-384

Kourilsky, M. L. dan W. B. Walstad, 1998. Entrepreneurship and female youth: knowledge, attitude, gender differences, and educational practices”. Journal of Business Venturing 13 (1): 77-88.

Lifang, L. (2012). The Investigation and Analysis of Chinese University 6WXGHQWV_ &XUUHQW_ 6LWXDWLRQ_ RI_ Entrepreneurship and the Countermeasures--The Reflection from a Special Investigation in Pearl Delta in China. International Education Studies. Vol. 5, No. 2, 105±112.

Malach, S. E., & Malach, R. L. (2014). Start Your Own Business Assignment in the Context of Experiential Entrepreneurship Education. Journal of Higher Education Outreach and Engagement. Vol. 18, No. 1, 169±186.

Othman, N., & Nasrudin, N. (2016). Entrepreneurship Education Programs in Malaysian Polytechnics. Education & Training. Vol. 58, 882±898. https://doi.org/10.1108/ET-11-2014-0136.

Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.

Tata Sutabri, K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Wells, L. E., Farley, H., & Armstrong, G. A. (2007). The importance of packaging design for own-label food brands. International Journal of Retail & Distribution Management, 35(9), 677-690.

Tim Penyusun. 2021. Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi Revisi 2021. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang

Downloads

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles