Penguatan Materi dan Pelatihan Penyelesaian Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Feriyanto Universitas Islam Majapahit
  • Ulil Nurul Imanah Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

Olimpiade, Matematika, Sekolah Dasar

Abstrak

Olimpiade matematika merupakan sebuah ajang kompetisi yang cukup bergengsi di dunia pendidikan. Dengan adanya ajang perlombaan ini, diharapkan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kreatif, dan inovatif. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah mitra, yaitu Kepala SD Negeri Karangkedawang, Sooko, Mojokerto, kurangnya penguasaan guru terhadap materi olimpiade matematika SD dan guru belum pernah mendapatkan pelatihan penyelesaian soal-soal olimpiade matematika SD. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka beberapa solusi yang ditawarkan adalah memberikan penguatan materi olimpiade matematika SD sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademik guna mempersiapkan peserta didiknya dalam menghadapi olimpiade matematika. Mekanisme pelaksanaan terdiri dari 3 tahapan utama, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan program diukur dari peningkatan hasil tes para peserta dari pre-test ke post-test. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi dan kemampuan menyelesaikan soal olimpiade matematika bagi guru-guru SD Negeri Karangkedawang meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 12,08 dan nilai rata-rata post-test sebesar 88,75. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan baik dan mendapatkan respons positif dari peserta pelatihan dengan persentase skor 90,75%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Feriyanto, & Imanah, U. N. (2023). Penguatan Materi dan Pelatihan Penyelesaian Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 29–33. Diambil dari http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/2759

Terbitan

Bagian

Articles