SOSIALISASI DAN PELATIHAN PIDATO BAHASA INGGRIS (SPEECH) BAGI SISWA SMA

Penulis

  • Dian Mega Putri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Herfyna Asty Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Riny Dwitya Sani Universitas PGRI Sumatera Barat

Kata Kunci:

English, Speech Delivery

Abstrak

Studi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum mampu menggunakan atau menerapkan bahasa Inggris dengan baik khususnya terkait dengan teknik dalam berpidato Bahasa Inggris. Sebagai bagian dari kemahiran berbahasa, keterampilan berbicara harus dikembangkan secara aktif. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan berbicara yang maksimal di tingkat sekolah. Faktor yang mempengaruhi antara lain faktor psikologis yang menghambat siswa berbicara bahasa Inggris, seperti rasa malu, takut melakukan kesalahan, dan kurang percaya diri. Alasan lainnya adalah kurangnya ruang bagi siswa untuk berkembang meskipun pembelajarannya sangat singkat. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di luar jam pelajaran inti di kelas. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, untuk meningkatkan kemahiran bahasa Inggris siswa melalui pelatihan bahasa Inggris, kedua, membantu siswa menjadi lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini antara lain pemberian materi, pelatihan dan bimbingan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara khususnya dalam berpidato dalam Bahasa Inggris.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Dian Mega Putri, Asty, H., & Sani, R. D. (2024). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PIDATO BAHASA INGGRIS (SPEECH) BAGI SISWA SMA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–5. Diambil dari http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3071