Peningkatan Kompetensi Guru SMPN 1 Gedeg Mojokerto Mewujudkan Inovasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Feriyanto Universitas Islam Majapahit
  • Taswirul Afkar Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

Inovasi, Pembelajaran, Kurikulum, Merdeka

Abstrak

Inovasi pembelajaran adalah suatu ide, gagasan atau tindakan-tindakan tertentu dalam pembelajaran yang dianggap baru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Merdeka belajar memberikan ruang kepada tenaga pendidik untuk melakukan inovasi pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto, sangat memerlukan adanya pelatihan atau workshop terkait pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pemanfaatan teknologi tersebut dapat menambah daya tarik penyajian materi, sehingga memacu peserta didik dan tenaga pendidik. Metode pelaksanan kegiatan pengabdian ini meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kompetensi guru dalam menyusun inovasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pre-test sebesar  dan nilai rata-rata post-test sebesar .  Secara keseluruhan kegiatan workshop ini berjalan dengan baik dan memperoleh angket respon peserta dengan rata-rata  dengan skala 1 s/d 5 atau dengan presentase .

 

Biografi Penulis

Taswirul Afkar, Universitas Islam Majapahit

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Feriyanto, & Afkar, T. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SMPN 1 Gedeg Mojokerto Mewujudkan Inovasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 16–21. Diambil dari http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3122