Penerapan Minimum Spanning Tree pada Hasil Studi Matematika Kelas VIII dengan Algoritma Kombinasi (Prim-Kruskal)

Authors

  • David Al Nurul Huda Abdul Kabib Univesitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • M. Ivan Ariful Fathoni Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Naning Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v7i1.2886

Keywords:

Penerapan Spanning tree, Algoritma Kombinasi, Hasil Studi Matematika

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan Minimum Spanning Tree (MST) dalam penentuan mata pelajaran matematika yang mendominasi di kelas VIII semester 1, MTs Salafiyah Prambontergayang dengan algoritma kombinasi (prim-kruskal). Penelitian ini melibatkan materi-materi matematika, diantaranya teorema Pythagoras, relasi dan fungsi, trigonometri, dan materi lingkaran. Penelitian ini akan di awali dengan mencari korelasi antar materi dengan menggunakan korelasi pearson dan spearman. Hasil korelasi antar materi digambarkan dalam bentuk Graf. Graf yang terbentuk dilakukan pencarian minimum spanning tree dengan algoritma kombinasi. Diperoleh 2 Graf minimum spanning tree yang identik berdasarkan jenis korelasi. Pencarian center dari graf minimum spanning tree dilakukan untuk menentukan materi yang mendominasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi relasi fungsi merupakan center dari minimum spanning tree sekaligus materi yang mendominasi dan berpengaruh diantara materi yang lain.

References

Afrianti, A., Effendi, E., & Welyyanti, D. (2021). Menentukan Minimum Spanning Tree Menggunakan Algoritma Modifikasi Dari Algoritma Prim Dan Kruskal Dalam Perencanaan Rute Wisata Yang Efisien. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 103. https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.6706

Cindarbumi, F. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Kolaboratif Aktif (Ka)” Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pelajaran Matematika Pada Peserta Didik Program Kejar Paket C Pkbm Ki Hajar Dewantara Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 15–20. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.12

Didiharyono, D., & Soraya, S. (2018). Penerapan Algoritma Greedy Dalam Menentukan Minimum Spanning Trees Pada Optimisasi Jaringan Listrik Jala. Jurnal VARIAN, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.66

Fitri, A., Kurniawati, N., & Mubaroh, Z. (2021). Respon Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). … : Jurnal Matematika Dan …, 4(September), 153–159. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1099

Pariyani, S., & Fran INTISARI, F. (2022). Penentuan Semua Minimum Spanning Tree (Mst) Dengan Menggunakan Algoritma All Mst. Buletin Ilmiah Math. Stat. Dan Terapannya (Bimaster), 11(1), 185–194.

Ramadhan, Z., Zarlis, M., Efendi, S., Putera, A., & Siahaan, U. (2018). Perbandingan Algoritma Prim Dengan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Rute Terpendek (Shortest Path Problem). Jurikom), 5(2), 136–139.

Rismawati, R. (2017). Penerapan Minimum Spanning Tree (MST) pada Nilai Ujian Materi Statistika, Peluang, Trigonometri, dan Lingkaran. Jurnal Serambi Akademica, V(1), 13–24. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/265

Sa’adah, T. N., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2023). Pewarnaan Graf pada Penjadwalan UAS Program Studi Matrematika Unigiri Menggunakan Algoritma Welch Powell. PROXIMAL Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 14–24.

Sari, A. C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 7–13. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.11

Wamiliana, Kurniawan, D., & N.F, C. S. (2014). Perbandingan Kompleksitas Algoritma Prim , Algoritma Kruskal , Dan Algoritma Sollin Untuk Menyelesaikan Masalah Minimum Spanning Tree. 2(1), 60–67.

Downloads

Published

2024-03-23