Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Software Geogebra pada Pokok Bahasan Program Linear

Authors

  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • St Nur Humairah Halim Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Inkuiri, Geogebra

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII tahun ajaran 2017/2018, dengan mengambil dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen (XII IPA2) dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas kontrol (XII IPA4) dengan jumlah 36 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran inkuiri berbantuan software Geogebra software GeoGebra pada pokok bahasan program linear, dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran inkuiri berbantuan software Geogebra software GeoGebra pada pokok bahasan program linear. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan penelitian sebagai berikut: 1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbantuan software Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rerata skor postes pada kelas inkuiri berbantuan software Geogebra dan konvensional yaitu 9,70 (60,63%) dan 7,84 (49,01%), dari rerata skor postes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa inkuiri berbantuan software Geogebra lebih tinggi daripada kelas konvensional. Untuk n-gain kelas inkuiri berbantuan software Geogebra lebih tinggi daripada kelas konvensional yaitu masing-masing 0,41 berada dalam kategori sedang dan 0,23 berada dalam kategori rendah. Dan 2) kegiatan pembelajaran di kelas yang memperoleh pembelajaran inkuiri software Geogebra sudah terlaksana dengan baik. Walaupun pada awal pertemuan masih dibutuhkan waktu penyesuaian, akan tetapi pada pertemuan selanjutnya pembelajaran berlangsung sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan

References

Adnan Akkaya, et al. (2011). Using Dynamic Software in Teaching of the Symmetry in Analytic Geometry: The Case of Geogebra. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. (pp.2540-2544).

Alberta L. (2002). Mathematics Preparation 10 Programs of Studies. Edmonton, AB: Alberta Learning. . Tersedia: http://www.learning.gov.ab.ac/k_12/curriculum/bySubject/math/mathprep10.pdf. .

Alberta L. (2004) focus On Inquiry: A Teacher’s Guided to Implementing Inquiry-based Learning. . Tersedia: http://www.education.alberta.ca/media/313361/focusoninquiry.pdf. .
Apiati, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Metode Inkuiri Berbantuan software Geogebra software Geogebra. Tesis. PPS UPI: Tidak diterbitkan.
Craft, A. (2001). An Analysis Of Research And Literature On Creativity Education. .Tersedia: http://www.euvonal.hu/images/creativity_report.pdf‎. .
Hastuti, Sri. 2009. Prosiding Seminar Nasional Peneltian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Online. Di unggah pada 5 Mei 2017.

Hamnuri. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf. [15 Mei 2010].

Hohenwarter, M., et al. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [16 Mei 2017].

Hendrayana, A. (2008). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika. Tesis. SPS UPI: Tidak diterbitkan.
Kartini. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Belief Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan software Geogebra software Geogebra. Disertasi. SPS UPI: Tidak diterbitkan.
LTSIN. (2004). Learning Thinking. Scotland: Learning and teaching Scotland.
Mahmudi, A. (2010). Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis, serta Persepsi Terhadap Kreativitas. Disertasi. SPS UPI:Tidak diterbitkan.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juli 2010. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/AliMahmudi, S.Pd,M.Pd,Dr./Makalah14ALIUNYYogyaforKNMUNIMA_MengukurKemampuanBerpikirKreatif_pdf.
Mulyana, T. (2008). Pembelajaran Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. SPS UPI: Tidak diterbitkan.
Munandar, S.C. U. (1999). Kreativitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Utama.
Munandar, S.C. U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Park. (2004). The Effects Of Divergent Production Activities With Math Inquiry And Think Aloud Of Students With Math Difficulty. Disertasi pada texas A&M University. . Tersedia: repository.tamu.edu/bitstream/etd-tamu-2004A-EPSY-Park-1.pdf. .
Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Volume 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. . Tersedia: http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdmZDM. .
Türkan, et al (2011) Analytic Analysis of Lines with Dynamic Mathematical Software. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. (pp.2505-2509).

Yilmaz Zengin, et al. (2011). The effect of dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia Social and Behavioral Sciences 31. (pp.183-187).

Downloads

Published

2018-09-30