Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model MEA (Means Ends Analysis) pada Siswa SMP

Authors

  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Efektifitas, Matematika, Model MEA(Means Ends Analysis)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model  MEA (Means – Ends – Analysis) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Libureng Kabupaten Bone semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pre – experimental designdengan bentuk one – group pretest – posttest design  yang hanya melinatkan satu kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan caracluster random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata – rata hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model MEA adalah 18.57 dan berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 4.47, sedangkan skor rata – rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model MEA adalah 80.23 dengan standar deviasi 6.55 dimana skor terendah adalah 62 dan skor tertinggi adalah 94. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 22 siswa atau  84.6% mencapai ketuntasan individu dan 4 siswa atau 15.4% tidak mencapai ketuntasan individu. Ini berarti ketuntasan secara klasikal tercapai dengan nilai gain ternormalisasi yaitu 0.7577 berada pada kategori tinggi. (2) aktivitas siswa berada pada kategori baik atau positif dengan rata – rata 86.05%. (3) angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran melalui MEA positif dengan rata – rata 77.5%.

References

Himitsuqalbu. 2015. Defenisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli, (Online), (http://himitsuqalbu.wordpress.com/2015/05/13/defenisi-hasil-belajar-menurut-para-ahli/) di akses pada tanggal 12 Januari 2018 pada pukul 19:04 WITA
Huda, Miftahul. 2016. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joebagio, Hermanu, dkk. 2017. The Development of Means – Ends Analysis and Value Clarifications Technique Integration Model to Explore The Local Wisdom in Historical Learning. Journal of Education and Learning.Vol. 11(2)pp. 179 – 187
Nuratika, Fildzah. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sunguminasa.Skripsi tidak diterbitkan.Makassar. Unismuh Makassar.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D). Bandung: Alfabeta.
Tahirman, Warni. 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Problem pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Uno, Hamzah B., dan Nurdin Mohammad. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-03-17