Perbandingan Performa Ban Airless Dengan Ban Pneumatik Pada Skuter Elektrik

Authors

  • Chaerul Qalbi AM Institut Teknologi Kalimantan
  • Kholiq Deliasgarin Radyantho Institut Teknologi Kalimantan
  • Ade Kurniawan Institut Teknologi Kalimantan
  • Mohammad Nasrullah Institut Teknologi Kalimantan
  • Sofia Annisa Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.3006

Keywords:

ban airless, ban pneumatic, performa

Abstract

Kendaraan listrik di Indonesia kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Meningkatnya harga bahan bakar minyak dan kebijakan pemerintah yang menggiurkan akan membuat masyarakat perlahan beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Dalam menggunakan kendaraan listrik, khususnya roda dua, terdapat berbagai sistem operasional. Masalah pada ban udara, seperti tekanan udara yang tidak memadai atau kebocoran, bisa sangat berbahaya. Untuk menghindari permasalahan tersebut, solusi terbaiknya adalah dengan memanfaatkan Ban Airless. Ban ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk tidak pernah kempes dan tidak memerlukan tekanan udara. Namun, Ban Airless memiliki massa yang lebih besar dibandingkan Ban Pneumatik sehingga memerlukan energi yang lebih besar dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan performa antara model Ban Airless dan Ban Pneumatik pada kendaraan listrik hub motor roda dua. Dapat disimpulkan bahwa kinerja Ban Airless sedikit lebih buruk dibandingkan Ban Pneumatik bertekanan optimal, namun masih lebih baik dibandingkan Ban Pneumatik dengan setengah dari tekanan optimal.

References

Anon., t.thn. Airless Tyres | Bridgestone Tyres. [Online]

Available at: https://www.bridgestone.co.id/in/tyre-clinic/tyre-talk/airless-concept-tyres

[Diakses 13 April 2023].

Anon., t.thn. Michelin Uptis : Michelin North America. [Online]

Available at: https://michelinmedia.com/michelin-uptis/

[Diakses 13 April 2023].

Anon., t.thn. Michelin X Tweel Airless Radial Tires. [Online]

Available at: https://tweel.michelinman.com/

[Diakses 13 April 2023].

Deloitte & Foundry, 2023. An Electric Revolution: The Rise of Indonesia's e-motorcycle, s.l.: s.n.

Jackowski, J., Wieczorek, M. & Zmuda, M., 2018. ENERGY CONSUMPTION ESTIMATION OF NON-PNEUMATIC TIRE. Journal of KONES Powertrain and Transport, Vol. 1, No. 1, pp. 159-168.

Perhubungan, K., 2020. Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. s.l.:s.n.

Perindustrian, K., 2023. Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua. s.l.:s.n.

Sandberg, U., 2020. The Airless Tire: Will this Revolutionary Concept be the Tire of the Future?. Modern Concept in Material Science.

Sassi, S., Ebrahemi, M., Mozien, M. A. & Hadary, Y. E., 2016. New Design of Flat-Proof Non-Pneumatic Tire. International Journal of Mechanical Systems Engineering, pp. 114-121.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

AM, C. Q., Radyantho, K. D. ., Kurniawan, A. . ., Nasrullah , M. ., & Annisa, S. . . (2023). Perbandingan Performa Ban Airless Dengan Ban Pneumatik Pada Skuter Elektrik. Majamecha, 5(2), 160–166. https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.3006

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)