Pengaruh Seal Terhadap Tekanan Hidrolis di PT. Kepuh Kencana Arum Mojokerto, Jawa Timur

Authors

  • Anugrah Jalu Putra Perdana Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Tekanan hidrolis, Silinder hidolis, Seal

Abstract

Sistem hidrolis adalah sistem penerusan daya dengan menggunakan oli sebagai jenis fluida yang sering dipakai. Prinsip dasar dari sistem hidrolis adalah memanfaatkan sifat bahwa zat cair tidak mempunyai bentuk yang tetap, namun menyesuaikan dengan yang ditempatinya. Pada hidrolis kerusakan yang sering terjadi pada komponen silinder hidrolis paling dominan disebabkan karena kerusakan oil seal hidrolis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan sistem hidrolis pada mesin penggulung plat beserta langkah-langkah perbaikannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Setelah dilakukan uji coba didapat hasil dari kerusakan pada cekam mesin uncoiler bahwa kerusakan sistem hidrolis terjadi pada bagian silinder hidrolis. Kerusakan disebabkan oleh faktor umur seal kit dan disebabkan kontaminasi oli hidrolis dengan air dan kotoran.Perbaikan dilakukan dengan mengganti seal kit silinder hidrolis.

References

Aryoseto, J. (2010). Pembuatan Alat Peraga Sistem Hidrolik. Surakarta .
Setiawan, D. (2015). Analis Hidrolik Sistem Filter Pada Farm Tractor. Surakarta .
Syahril Ardi1, A. R. (2015). Analisa Kebocoran Silinder Hidrolik Pada Mesin Gravity Casting. 1politeknik Manufaktur Astra, Komplek Astra International .
Wahyudi, A. (2006). Trouble Shooting Mesin Hidrolik. Universitas Semarang .

Downloads

Published

2019-12-25

How to Cite

Perdana, A. J. P., Rijanto, A., & Zulfika, D. N. (2019). Pengaruh Seal Terhadap Tekanan Hidrolis di PT. Kepuh Kencana Arum Mojokerto, Jawa Timur. Majamecha, 1(2), 144–155. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/560

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>