Pengaruh Kedalaman Pahat Terhadap Waktu pada Proses Burnishing Baja ST 41

Authors

  • Imam Pramudi Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit

Keywords:

roll burnishing, pahat, efisiensi, baja ST 41

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedalaman penekanan pahat terhadap waktu proses burnishing pada permukaan benda kerja baja ST.41. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental. Hasil yang diperoleh adalah bahwa parameter optimum untuk menciptakan efisiensi waktu yang di harapkan pada proses burnishing baja ST.41 dapat dicapai pada kedalaman penekanan pahat 0,003 mm, dengan waktu yang yang dibutuhkan 176 detik untuk putaran mesin 380 rpm. Waktu proses burnishing pada benda kerja ST.41 dengan menggunakan kedalaman penekanan 0,001 mm, 0,002 mm, dan 0,003 mm memiliki perbedaan selang waktu yang tidak terlalu jauh. Waktu pemrosesan yang lebih lama diperoleh saat menggunakan kedalaman penekanan 0,001 mm. Semakin dalam kedalaman penekanan pahat akan menghasilkan waktu kerja yang lebih cepat, namun akan berpengaruh pada tingkat keausan pahat roller burnishing yang digunakan.

References

Purwanto, G. (2012). Pengaruh Proses Burnishing Terhadap Kekasaran dan Kekerasan Mild Steel Menggunakan Mesin Bubut Konvensional. Mekanika
Kencanawati, C. (Ed.). (2017). Modul Mata Kuliah Proses Produksi 1 Untuk Lulusan Teknik. Denpasar: Universitas Udayana.
Nofri, M. (2017). Analisis Sifat Mekanik Baja SKD 61 Dengan Baja ST 41 Dilakukan Hardening Dengan Variasi Temperatur. Bina Teknika
Bawono, M. (2006). Pengaruh Tingkat Kedalaman dan Kecepatan Laju Pemakanan Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Benda Kerja Pada Mesin CNC TU-3A Dengan Menggunakan Pahat End Mill. Skripsi Strata 1 tidak diterbitkan, Universitas Negeri Surabaya.
Rahdiyanta, D. (Ed.). (2010). Modul Mata Kuliah Proses Produksi (Turning) Untuk Lulusan Teknik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles