PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 NA IX-X TAHUN AJAR 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.36815/matapena.v6i01.2589Abstrak
Riset ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 2 NA IX-X sebelum dan sesudah melaksanakan pola pembelajaran Copy The Master. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pembelajaran Copy The Master mempengaruhi kemampuan menulis cerpen kelas IX SMPN 2 NA IX-X tahun ajar 2022/2023. Siswa yang mengikuti penelitian ini sebanyak 64 orang. 32 siswa dari kelas IX-1 dijadikan sebagai sampel. One-Group Pre-test Post-test Design digunakan dalam penelitian ini. Kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 2 NA IX-X sebelum menggunakan model pembelajaran Copy The Master menurut hasil pre-test adalah cukup dengan skor rerata 62,12; 11,12 standar deviasi; 1,99 standar error. Terkait hasil posttest, siswa kelas IX SMPN 2 NA IX-X mampu menulis cerpen tahun pelajaran 22/2023 dengan nilai rata-rata 76,43 yang tergolong baik; standar deviasi 7,69; kesalahan standar = 1,38. Nilai thitung yang diuji adalah 5,91; ttabel sebesar 1,69, hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian atau Ha diterima karena thitung (5,91) > ttabel (1,69). Kemahiran menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 2 NA IX-X tahun ajar 2022/23 sangat dipengaruhi oleh pola pembelajaran Copy The Master.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2024-03-14 (2)
- 2023-06-17 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.