EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE CLASSROOM DALAM PROSES PEMAHAMAN PESAN MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Penulis

  • Hanifah Rahman Universitas Ahmad Dahlan
  • Mufid Salim Universitas Ahmad Dahlan

Kata Kunci:

Learning Communication, Google Classroom, Effective Communications

Abstrak

Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) saat ini sudah berkembang sangat pesat. Dunia pendidikan saat ini sangat diuntungkan dengan kemajuan teknologi dan informasi yang semakin canggih. Sebelumnya, belajar mengajar hanya bisa dilakukan secara tatap muka. Sekarang, pembelajaran online atau jarak jauh dapat digunakan. Biasanya, guru atau dosen menggunakan e-learning sebagai media untuk proses belajar mengajar dalam pembelajaran jarak jauh. Google Classroom ialah platform e-learning yang populer digunakan oleh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas komunikasi pembelajaran melalui Google Classroom dalam membantu mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dalam memahami pesan mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survey kepada mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dengan total responden sebanyak 150. Dari hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan terdapat efektivitas komunikasi pembelajaran melalui Google Classroom dalam proses pemahaman pesan. Efektivitas tersebut memiliki nilai sebesar 62,2%. Saran dalam penelitian ini yaitu agar dosen dan mahasiswa memanfaatkan fitur komentar dalam ruang kelas Google Classroom, agar komunikasi lebih efektif.

Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, Google Classroom, Proses Pemahaman Pesan

Referensi

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Azhar,K.A, & Iqbal, N. 2018. Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66. https://prizrenjournal.com/index.php/PSSJ/article/view/39

Efendi, Yusuf, & Widodo, A. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwa FC Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga,7,368-369. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/29565

Fathonurrohma, F., Salim, Mufid., Sultana, Ashiqha., 2022. Teacher And Student Interpersonal Communication Patterns During The Covid-19 Pandemic at Middle School. Proceeding Youth Communication Day 2021 International Conference and Workshop “Communication Challenges in the Age of Hybrid” Vol. 1 p345 – 363 http://youth-comday.uad.ac.id

Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: PT.Grasindo.

Johar,R & Hanum, L. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish

Kemdikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Diakses pada 27 Juni 2021dari https://www.kemdikbud.go.id/main/.

Mayangsari, D., & Salim, M. 2021. The Effectiveness of University Instagram Account as Information Media for Students. Proceedings of the 3rd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2021), 1(1). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.040

Mona, Nailul. 2020. Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2(2). http://www.journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jsht

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, Mochammad Ade. 2020. Cara Mendownload File atau Dokumen dari Google Classroom. Diakses pada 10 September 2020 Pukul 16.00WIB. Melalui link https://tirto.id/cara-mendownload-file-atau-dokumen-dari-google-classroom-fPED

PDDikti. 2020. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (Profil Perguruan Tinggi). Diakses pada 23 Maret 2021. Melalui link https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/RUY5ODMwNTItNDhBMC00QUZELUFBNEMtRkMxNDJCNTNGMEZG

Purwanto, E. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gaya Media.

Sadiman. dkk. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Salim, M., Utami, F. A., & Bramayanto, H. 2021. Digital Media-Based Nutrition Health Communication Model. Proceedings of the 3rd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2021), 1(1). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.059.

Slamet, Riyanto & Hatmawan, Aglis Andhita. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, I. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digilib.Uinsgd.Ac.Id, 1–9.

Uwes, Sanusi. 2003. Visi dan Pondasi Pendidikan (Dalam Perspektif Islam). Jakarta: Logos.

Webometrics.info. 2021. Rangking Web of Universities. Diakses pada tanggal 22 Februari 2022 melalui link https://webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-14