Pengaruh Konten Channel Youtube Nihongo Manttapu Terhadap Pemilihan Karir Generasi Z (Studi Pada SMA Negeri 1 Bangsal)

Penulis

  • Devi Anggraeni Suyanto Prodi Ilmu Komunikasi Unim
  • Ratnaningrum Zusyana Dewi Universitas Islam Majapahit
  • M.I.Asyarin Hayau Lailin Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

YouTube, Nihongo Manttapu, Pemilihan Karir, Generasi Z

Abstrak

Aktivitas pengguna internet di Indonesia didominasi oleh Generasi Z yaitu generasi yang lahir di tahun 1997 hingga 2010. Generasi Z memanfaatkan YouTube selain sebagai media hiburan juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang tidak didapat dalam buku pengetahuan tentang sesuatu yang menjadi ketertarikannya. Jerome Polin adalah salah satu YouTuber muda yang aktif dalam memberikan konten bertemakan edukasi dikalangan generasi muda seperti cara belajar bahasa Jepang, kehidupan kuliah di Jepang battle pengetahuan umum, tips dan  trik belajar rumus matematika, dll. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh konten channel YouTube Nihongo Manttapu terhadap pemilihan karir generasi Z dengan variabel antara tingkat sosial ekonomi orang tua dan frekuensi menonton konten. Penelitian ini menggunakan teori new media, teori kredibilitas sumber, ketergantungan media dan teori belajar sosial.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode survei menggunakan e-kuesioneryang disebar pada 130 orang siswa yang menjadi sampling penelitian yang kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan  bahwa Konten Channel YouTube berpengaruh signifkan positif terhadap Pemilihan Karir Generasi Z. dimana keahlian, kepercayaan dan daya tarik komunikator menjadi salah satu faktor penting mengapa Generasi Z menonton konten Channel YouTube Nihongo Manttapu disamping konten isi yang informatif dan menghibur. Mayoritas siswa mengaku mendapat banyak informasi dari konten channel YouTube Jerome Polin. Alasan responden mengakses konten channel YouTube Jerome karena didasari minat dan prinsip yang sama, setelah menonton konten Jerome siswa termotivasi untuk lebih mengembangkan minat dibidang apapun, mereka memiliki cita-cita atau karir sesuai dengan minatnya dan selalu timbul perasaan senang setelah menonton konten Nihongo Manttapu

Referensi

Bencsik, A. C. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness,8(3) , 90-106.

Chotimah, N. L. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap BelajarSiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 11, halaman 75.

Dariyo, A. (2004). Perencanaan dan Pemilihan Karir Sebagai Guru dan Dosen PadaDewasa Muda. Jurnal Provitae , 54-58.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 2.

Semarang:BPFE Universitas Diponegoro.

Hamidati, A. (2011). Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Mata PadiPressindo.

Hariyanto, S. Dalam W. J. Severin. (2009).Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, danTerapan di dalam Media Massa (hal. 330-331). Jakarta: Kencana.

Hastuti, W. W. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: PT.Grasindo.

Hovland, C. J. (1953). Communication and Persuation. New Heaven: Yale UniversityPress.

Jalaluddin, R. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jalaluddin, R. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Kriyantono, R. (2006). Tekhnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana

Perdana.

Kriyantono, R. (2010). Tekhnik riset komunikasi : disertai contoh praktis media, publicrelation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta:Kencana.

Mannheim, K. (1952). The Problem of Generations. Essays on the Sociology , 24(19).

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Edisi 6. Jakarta: Penerbit SalembaHumanika.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. MBC University Press , 1-2.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasu. STIE AMA Salatiga,Among Makarti Vol.9 No. 18 , 25.

R Purnomo Setiady Akbar, H. U. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rafiq, M. (2012). Dependency Theory (Melvin L. DeFleur dan Sandra Ball Rokech). JurnalHIKMAH Vol.VI No.01 , 01-13.

Ramadhnai, D. (2016). Pemanfaatan Situs Youtube sebagai Sumber Belajar PadaPembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Panjura Malang. Malang: Record andLibrary.

Samosir. F.T, P. D. (2008). Efektofitas Youtube Sebagai Media . Record and LibraryJuornal.

Sasa Djuarsa Sendjaja, d. (2002). Teori Komunikasi. Tangerang Selatan: UniversitasTerbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-10