ANALISIS SEMIOTIKA DARK JOKE DAN SATIRE COKI PARDEDE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Penulis

  • Akhmad Khoirul Amir Universitas Islam Majapahit
  • Fatihatul Lailiyah Universitas Islam Majapahit
  • Masnia Ningsih Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

Analisis Semiotika Peirce, Komunikasi, Instagram, Dark joke, Satire

Abstrak

Komunikasi saat ini semakin berkembang dengan adanya teknologi komunikasi. Media baru terus tercipta sehingga membuat arus komunikasi semakin meningkat. Menurut McLuhan media baru mempengaruhi manusia dalam berkomunikasi dan cara mereka berkomunikasi mempengaruhi kehidupan manusia. Kini manusia dapat berbagi dan berkomunikasi menggunakan media sosial dengan berbagai motivasi. Humor merupakan salah satu hal yang kerap digunakan dalam media sosial dimana gagasan, opini, dan berbagai ungkapan lainnya dibalut dengan humor. Salah satu penggunaan humor yang paling sering ditemui di media sosial popular seperti Instagram dan Twitter. Seperti seorang komika atau stand up comedian Coki Pardede yang kerap melontarkan dark joke dan satire di media sosialnya. Maka judul penelitian kali ini adalah “Analisis Semiotika Dark joke Dan Satire Coki Pardede Di Media Sosial Instagram”. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam dark joke dan satire yang ada di Instagram milik Coki Pardede. Dengan menggunakan teknik analisa konten dan teori analisis semiotik yang digagas oleh Charles Sanders Peirce. Dengan hasil penelitian yakni mengetahui makna dalam dark joke dan satire  yang ada di Instagram.

Referensi

Aaker, J., & Bagdonas, N. (n.d.). Humor, Seriously. Crown.

Abdul, O., Mahbub, R., & Ab, A. (2018). Stand Up Comedy, Stand Up Comedy Indonesia, Satire, Diskriminasi, Semiotika, John Fiske. 071511533055, 1–16.

Belloc, M., D’Alessandro, S., Di Maio, M., Drago, F., & Vertova, P. (2008). Technology and the environment in the history of the economic thought. International Journal of Global Environmental Issues, 8(4), 311–334. https://doi.org/10.1504/IJGENVI.2008.019367

Burhanuddin. (2015). Representasi Kritik Sosial dalam Tayangan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV: Analisis Semiotika Dekonstruksi. Jurnal Komunikasi, 151, 10–17.

Diana, S. (2020). THE DISCLOSURE OF DARK HUMOR AND COMEDIC SOCIOPATHY THROUGH INCONGRUITIES MADE BY THE VILLAIN THE JOKER IN Humor is a common form of interaction . According to Paolo ( 1980 ), humor has two ingredients , incongruity and appropriate emotional climate . It . 4(1), 70–83.

KEMDIKBUD. (2016). sa.ti.re /satirê/. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/satire

KEMENDIKBUD. (2016). Humor/hu.mor/. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/humor

Leonardo, R., & Junaidi, A. (2020). Kritik Sosial dalam Stand Up Comedy (Analisis Semiotika Show “Pragiwaksono World Tour”). Jurnal Komunikasi, 4(2), 185. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8077

Luthfi, A. H. (2020). Analisis Semiotika Kritik Sosial dalam Balutan Humor pada Komik Faktap. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 19. https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1968

Nafisah, S. (2020). Arti Isyarat Tangan yang Berbeda di Bebebrapa Negara. Bobo.Id. https://bobo.grid.id/agar-tidak-salah-diartikan-kenali-berbagai-arti-isyarat-tangan-yang-berbeda-di-beberapa-negara

Nugroho, P. (2017). Potret Stand Up Comedy?: Strategi Menjadi Comedian Handal. Pustaka Baru Press.

Rahmanadji, D. (2007). Sejarah, teori, jenis, dan fungsi humor. Bahasa Dan Seni, 35(2), 213–221.

Sugiarto, V. D. (2016). Teknik Humor dalam Film Komedi yang Dibintangi oleh Stand Up Comedian. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1–12.

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUNTITATIF KUALITATIF DAN RND (D. I. Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfa Beta Bandung.

Syobah, N. (2011). Media dan Saluran Komunikasi Islam. Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan, 49.

Toyadha, G. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA PEMAKNAAN LELUCON SATIRE THE JOKER PADA BUKU NOVEL GRAFIS BATMAN?: THE KILLING JOKE ( ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES ). Jurnal Komunikasi, 4(3), 3165–3184.

Ustadz, A. (2018). Mnegacungkan Jari Telunjuk ke Atas; Antara Ibadah dan Caci Maki. Bincang Syaiah.Com. https://bincangsyariah.com/ubudiyah/jari-telunjuk-ke-atas/

We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 43.

Yusvia, D.E.(2020). Representasi Sparrow Face Remaja Pengguna Instagram. Pawitra Komunika. Jurnal ilmu Komunikasi dan Sosial Humaniora. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/718

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-14