MODERATOR KONTEN DALAM KAITANNYA MENINGKATKAN CITRA MARKETPLACE

Penulis

  • Masnia Ningsih Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Majapahit
  • Ratnaningrum Zusyana Dewi Prodi ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36815/pawitrakomunika.v3i2.2548

Kata Kunci:

Moderator Konten, Citra, Marketplace

Abstrak

Citra positif menjadi hal yang mutlak bagi sebuah perusahaan bisnis di era komunikasi, sehingga diperlukan berbagai Inovasi dan kreativitas oleh perusahaan dalam usaha untuk untuk mendapatkan simpati dan kepercayaan atau Trust dari publik. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh Marketplace adalah dengan menggandeng perusahaan moderasi konten, di mana fungsi dari dilakukannya pembatasan atau penyaringan konten tersebut adalah untuk membantu perusahaan Marketplace dalam menghadapi masyarakat atau publik yang semakin kritis di mana mereka mengharapkan pemenuhan pelayanan informasi yang akurat dan tentunya positif yang dapat meyakinkan dirinya (masyarakat) dan tidak menimbulkan keragu-raguan saat akan bertransaksi di Marketplace tersebut. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif, penelitian ini mengkaji moderator konten dalam kaitannya meningkatkan citra Marketplace. Dalam pencapaian Citra positif perusahaan Marketplace apabila dihubungkan dengan aktivitas dari moderator konten akan nampak pada peningkatan jumlah pengguna jasa layanan Marketplace tertentu sebagai bukti bahwa masyarakat memberikan kepercayaan yang lebih dan memperoleh kenyamanan dan keamanan saat melakukan transaksi di dalamnya. Hasil akhir dari pencapaian Citra positif adalah eksistensi dan keberlangsungan perusahaan Marketplace dalam jangka waktu yang panjang.

Referensi

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relation. Simbiosa Rekatama Media-Anggota IKAPI

Meisaroh, Siti. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial, Jurnal Komunikasi dan Bisnis.

Ningsih, (2022). Peran Moderator Konten dalam Mengurangi Pelanggaran Undang-undang ITE. Jurnal Aspikom Jatim

Nuruddin, (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Rajawali Pers- Rajagrafindo Persada.

Prijana H, Ido.(2015). ICT, Digital Media dan Literasi Media. Aspikom Press.

Ranjabar, Jacobus. (2012). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Ghalia Indonesia-Anggota IKAPI.

Sugiono, (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta

Ruisah, Rahayu, Selviana Teras W. (2021). Pelanggaran UU ITE pada Media Sosial dalam Etika Komunikasi Massa. Interaksi Peradaban, vol.1 no.1 juni 2021. 69-82.

Sinar Grafika, Redaksi, (2019). Amandemen Undang-Undang ITE. Sinar Grafika-Jakarta

Soemirat, Ardianto (2016). Dasar-dasar Public Relations. Rosdakarya.

W.Syam, Nina. (2009). Sosiologi komunikasi. Humaniora-Anggota IKAPI.

Y.Bachtiar, Andi. Savitri, Zulmi.(2015). Propaganda Media, Teori dan Studi Kasus Aktual. Mitra Wacana Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-26